Program Mekaar, Akses Keuangan bagi Kaum Perempuan

Minggu, 14 April 2019 - 15:55 WIB
Program Mekaar, Akses Keuangan bagi Kaum Perempuan
Program Mekaar, Akses Keuangan bagi Kaum Perempuan
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengemukakan program pemberdayaan perempuan dalam membangun perekonomian keluarga. Salah satunya adalah program Membina EKonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Jokowi mengatakan, melalui program itu, pemerintah dapat langsung memberi akses keuangan ke berbagai masyarakat termasuk kelompok para ibu yang berpotensi menjadi pendukung ekonomi keluarga.

"Program Mekaar ini memberikan pinjaman kepada ibu-ibu, penjual bakso, dan intinya memberikan kemudahan dalam akses pinjaman. pinjaman sekitar Rp3 juta, Rp4 juta, kalau lebih dari Rp10 juta, kita berikan ke KUR (kredit usaha rakyat), dan ini ada pendampingan," ucap Jokowi dalam debat Capres kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) malam.

Jokowi mengatakan saat ini telah ada lebih dari 4,2 juta nasabah. Program ini diharapkan meningkatkan ekonomi untuk kategori masyarakat pra sejahtera. Sekitar 100% nasabah Mekaar adalah masyarakat prasejahtera.

Selain program Mekaar, Jokowi juga memamerkan prorgam Bank Wakaf Mikro. "Bank Wakaf Mikro ini, 90% nasabahnya adalah perempuan. Mereka yang kita beri pinjaman mulai dari Rp900 ribu, Rp1 juta, Rp2 juta. Kami yakin program ini mampu membangun perekonomian mikro keluarga," ujarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2366 seconds (0.1#10.140)