PLN Terjunkan 230 Personil Pulihkan Kelistrikan di Bengkulu

Senin, 29 April 2019 - 20:50 WIB
PLN Terjunkan 230 Personil Pulihkan Kelistrikan di Bengkulu
PLN Terjunkan 230 Personil Pulihkan Kelistrikan di Bengkulu
A A A
JAKARTA - Pascabencana banjir yang terjadi di Wilayah Bengkulu sejak 26 April lalu, PT PLN (Persero) telah berhasil menormalkan kembali 85 gardu dari 161 gardu yang padam akibat terjangan banjir. PLN juga berhasil memperbaiki dua penyulang dari empat penyulang yang terdampak banjir.

"Untuk mempercepat proses pemulihan, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu bersama PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan bersinergi dengan memberangkatkan Tim Tanggap Bencana dan Pemulihan Kelistrikan di Bengkulu," ungkap Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah dalam keterangan resminya, Senin (29/4/2019).

Sebanyak 70 personil dari wilayah kerja pelayanan Palembang, Lahat, Jambi, dan Muara Bungo diterjunkan ke Bengkulu Para personil juga membawa serta 3 mobil Crane untuk perbaikan tiang listrik serta 6 kendaraan Ranger double cabin untuk operasional pekerjaan pemulihan.

Di Bengkulu sendiri, sebanyak 160 petugas yang terdiri dari 100 petugas Pelayanan Teknik dari PLN serta 4 tim dari Mitra Kerja PLN dengan jumlah 60 petugas teknis diterjunkan langsung ke lokasi-lokasi kerusakan jaringan listrik. Pengiriman material tiang ke lokasi-lokasi tersebar yang juga dilakukan untuk mengganti material jaringan listrik yang mengalami kerusakan.

Untuk memantau kondisi kelistrikan secara kontinyu selama masa pemulihan ini, PLN telah membuat Posko Siaga dan Darurat Kelistrikan di PLN UP3 Bengkulu dengan petugas siaga sebanyak 25 personil dengan 5 mobil Pelayanan Teknik.

"Kami akan berupaya secepatnya untuk memulihkan kelistrikan di Bengkulu, target kami agar warga bisa kembali menikmati aliran listrik. Selain kecepatan, recovery kelistrikan juga sangat memperhatikan sistem keamanan, mengingat masih banyak infrastruktur yang terendam banjir," tambah Dwi.

Selain melakukan pemulihan kelistrikan PLN juga memberikan bantuan yang dibagikan kepada warga terdampak. Bantuan berupa pemberian sembako di sekitar PLTA Musi. Ke depannya PLN juga sedang menyiapkan posko bantuan untuk memberikan tempat layak bagi para pengungsi banjir.

Dari pemulihan yang dilakukan pada hari ini, PLN berhasil menyalakan kembali sekitar 7.000 lebih warga terdampak, dan 4.000 lainnya masih mengalami pemadaman.

"Pemadaman parsial harus dilakukan dibeberapa lokasi guna keselamatan lingkungan sekitar dan menghindari dampak kerusakan yang lebih besar," pungkas Dwi.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5221 seconds (0.1#10.140)