FIFGROUP Dukung Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Papua

Selasa, 30 April 2019 - 15:31 WIB
FIFGROUP Dukung Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Papua
FIFGROUP Dukung Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Papua
A A A
JAYAPURA - PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Federal International Finance (disebut FIFGROUP), meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Honai Sejahtera Papua Pondok Pesantren Ya Bunayya – Jayapura.

Peresmian dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas.

“Mudah-mudahan komitmen Astra dan Astra Financial dalam mendukung BWM ini bisa terlaksana dengan baik untuk dapat berperan aktif dalam berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Pongki Pamungkas.

Hadirnya BWM Papua merupakan BWM keempat bagi Grup Astra. Tujuan pendirian BWM guna mendukung program OJK untuk meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren dan pedesaan.

CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya menambahkan tujuan dari pendirian BWM sangat sesuai dengan misi perusahaan yaitu bring a better life to the community atau membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat.

Pertumbuhan FIFGROUP tentunya tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh masyarakat, dimana FIFGROUP PEDULI memiliki 4 pilar yang terdiri dari pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Berbagai program CSR FIFGROUP meliputi pilar pendidikan di antaranya pelatihan guru, FIFGROUP berbagi ilmu, bantuan sarana/prasarana dan beasiswa bagi yang membutuhkan. Pilar kesehatan di antaranya donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan posyandu. Pilar lingkungan di antaranya tanam pohon dan bersih-bersih rumah ibadah dan pilar pemberdayaan ekonomi masyarakat diantaranya dana bergulir dan pelatihan UMKM.

Dalam peresmian BWM Pondok Pesantren Yaa Bunayya ini, turut hadir Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, Chief Corporate Public Affairs Astra Pongki Pamungkas, CEO FIFGROUP
Margono Tanuwijaya, Direktur FIFGROUP R Sutjahja Nugroho, Pimpinan Pondok Pesantren Yaa Bunayya KH Muhammad Sholeh, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi papua dan Manajemen dan Eksekutif Grup Astra.

Seperti diketahui sebelumnya, Astra dan PT Astra Sedaya Finance (lebih dikenal dengan nama ACC), yang tergabung dalam Astra Financial, menjadi donatur BWM pertama, yakni BWM Minhajut Thullab, Banyuwangi yang diresmikan pada 28 Januari 2019.

Pada BWM Kedua, Astra dan PT Federal International Finance (FIFGROUP) menjadi donatur Bank Wakaf Mikro di Sunan Gunung Jati Baálawy, Semarang, pada 23 Februari 2019. Pada BWM ketiga, Astra dan PT Asuransi Astra Buana menjadi donatur Bank Wakaf di Pondok Pesantren As’ad, Jambi, pada 3 April 2019.

BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 41 bank wakaf mikro.
(alf)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3101 seconds (0.1#10.140)