Prudential Kembangkan 60 Entepreneur Sejak Dini di Papua

Jum'at, 03 Mei 2019 - 22:09 WIB
Prudential Kembangkan...
Prudential Kembangkan 60 Entepreneur Sejak Dini di Papua
A A A
JAKARTA - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembangkan kawasan timur Indonesia dengan pelatihan 60 pengusaha muda di Papua. Program tersebut menggandeng Prestasi Junior Indonesia (PJI) untuk melakukan pendidikan wirausaha muda yang pertama kali.

Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia Rinaldi Mudahar mengatakan, ke depannya, para peserta dapat menginspirasi dan membantu pemerintah mencapai target pencapaian minimal 4% pertumbuhan pengusaha baru. “Ini penting sebagai dukungan kepada Indonesia untuk masuk dalam 10 besar negara-negara ekonomi di Asia dan Indonesia Emas pada 2045,” ujar Rinaldi di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Program ini demi Pemberdayaan Indonesia Timur, yang dituangkan dalam Community Investment Prudential Indonesia untuk memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat untuk tiga tahun ke depan. Program ini menerapkan kurikulum internasional yang telah diimplementasikan di lebih dari 100 negara dan kini disesuaikan khusus untuk masyarakat Papua.

Secara spesifik, Rinaldi menyebutkan sasaran yang dituju adalah akselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua. Bersama Prestasi Junior Indonesia, sejumlah program telah mulai dijalankan, antara lain Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda untuk kewirausahaan khusus generasi muda Papua.

Saat ini pemerintah sedang gencar menggalakkan ekonomi kerakyatan karena terbukti membantu mendorong penguatan ekonomi secara nasional. Tercatat jumlah UMKM juga sangat dominan, mencapai hingga 99% aktivitas bisnis di Indonesia, dengan lebih dari 98 persen berstatus usaha mikro.

Keberadaan UMKM kuat karena tersebar di seluruh negeri, bahkan mempekerjakan lebih dari 107,6 juta penduduk Indonesia dan berkontribusi 60,6% terhadap PDB Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk mendukung tumbuhnya ekonomi kerakyatan dengan mulai membangun wilayah-wilayah yang potensial secara merata, seperti di Papua.

Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia Siddharta Moersjid menjelaskan, generasi muda Jayapura sangat potensial untuk menjadi pengusaha, tercatat ada 18 ribu UMKM di Jayapura pada tahun lalu. Untuk terus mengoptimalkan potensi ini, perlu melakukan pembinaan yang tepat, terpadu dan berkelanjutan.

“Pandangan mengenai wirausaha sebagai pilihan sumber pendapatan berkelanjutan juga perlu diedukasi kepada kaum muda. Bisnis yang dikembangkan secara konsisten tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, bahkan komunitas sekitar,” ujar Siddharta.

Pengusaha muda terpilih akan dibina secara intensif selama 9 bulan oleh coach PJI dan mentor pengusaha profesional melalui program kewirausahaan yang diadopsi dari Junior Achievement Worldwide di Amerika Serikat. Sejumlah modul, alat dan metode pembelajaran telah diadaptasi khusus untuk Prudential Indonesia demi memenuhi kebutuhan kaum muda di Jayapura.

Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda yang merupakan program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi anak muda Kota Jayapura yang berusia 18 – 35 tahun ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan pengusaha muda asli Papua yang tangguh, kreatif, berdaya saing dan mampu menjawab tantangan zaman.

Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh para peserta diantaranya adalah “Business Motivation Workshop” untuk membangun semangat kewirausahaan, “Financial Literacy Workshop” untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap pengelolaan keuangan, dan “Business Model Canvas Workshop” sebagai pelatihan untuk menyusun strategi bisnis yang akan dikembangkan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0729 seconds (0.1#10.140)