KA Bandara Adi Soemarmo Ditargetkan Beroperasi Juli 2019

Minggu, 05 Mei 2019 - 09:55 WIB
KA Bandara Adi Soemarmo Ditargetkan Beroperasi Juli 2019
KA Bandara Adi Soemarmo Ditargetkan Beroperasi Juli 2019
A A A
JAKARTA - Kereta (KA) Bandara Adi Soemarmo yang proses pembangunannya sudah mencapai 79% ditargetkan beroperasi pada Juli 2019. Jalur KA dengan rute Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan sepanjang 13 km tersebut akan meningkatkan integrasi antarmoda serta mendukung sektor pariwisata di Jawa Tengah.

"Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang) merupakan salah satu dari 4 Bali Baru yang dicanangkan oleh pemerintah. Kami ingin memastikan Bandara Adi Sumarmo memiliki kualifikasi teknis untuk penerbangan internasional, sehingga kita siapkan terminal dengan kapasitas besar dengan integrasi antarmoda yang baik," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya di Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Menhub meminta Dirjen Perkeretaapian untuk melakukan riset untuk mengembangkan jalur Ka Bandara Adi Soemarmo ke daerah sekitar Solo seperti, Klaten, Ceper, Karanganyar, Sragen dan daerah lainnya. Sehingga cakupan yang dilayani oleh Bandara Adi Soemarmo semakin luas.

Menhub berharap efektivitas KA Bandara Adi Soemarmo dapat maksimal untuk menjaring banyak penumpang sehingga KA Bandara Adi Soemarmo menjadi produktif.

"Untuk itu saya menugaskan Dirjen Perkeretaapian untuk meneliti lebih jauh apakah KA Bandara Adi Soemarmo ini dengan rute Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan saja atau disambungkan dengan jalur eksisting yang ada serta sistem tarifnya bagaimana," ujar Menhub.

Sementara, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan jalur KA Bandara Adi Soemarmo ditargetkan selesai akhir Juni 2019 dan bisa beroperasi dibulan Juli 2019. "Ditargetkan KA Bandara Adi Soemarmo ini bisa beroperasi pada Juli 2019, untuk masalah lahan tinggal sedikit lagi yang akan diselesaikan dengan target tadi," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3434 seconds (0.1#10.140)