Gandeng Mitra dari Swiss, Sinar Mas Perkuat Pendidikan Vokasi

Minggu, 19 Mei 2019 - 00:06 WIB
Gandeng Mitra dari Swiss, Sinar Mas Perkuat Pendidikan Vokasi
Gandeng Mitra dari Swiss, Sinar Mas Perkuat Pendidikan Vokasi
A A A
JAKARTA - Langkah memperkuat kualitas dan jangkauan pendidikan vokasi di Indonesia dilakukan Sinar Mas dengan menggandeng lembaga yang memiliki rekam jejak terbaik di ranah vokasi.

"Kemitraan ini membuat kami mendapatkan model pendidikan dual system terbaik yang dapat direplikasi oleh lembaga pendidikan vokasi yang kami kelola di Indonesia," ujar Presiden Komisaris Berau Coal, Gandi Sulistiyanto saat mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menko PMK Puan Maharani yang turut menyaksikan penandatanganan kerjasama di Lausanne, Swiss.

Tiga perguruan tinggi yang terlibat adalah Politeknik Sinar Mas Berau yang menandatangani MoU bersama Swiss International Technical Connection (SITECO) yang meliputi kerja sama di bidang Lecturer Upgrading (Retooling, Doctor Program and Vocational Instructor Certification Program Laboratorium Upgrading), Lecturer and Student Exchange and Academic Management System Upgrading.

Nantinya Poltek Simas Berau yang berlokasi di Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur ini berkesempatan menerapkan seluruh hal tadi dalam studi Teknologi Rekayasa Logistik, Survei dan Pemetaan, dan Perawatan Mesin.

Sementara Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) bersama SITECO akan bermitra dalam bidang Lecturer Upgrading (Retooling, Doctor Program and Vocational instructor certification program laboratorium upgrading), Lecturer and Student Exchange and Academic Management System Upgrading, Development of Sustainable Production, and Dual Degree Program Development.

ITSB adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh Sinar Mas Land bersama Institut Teknologi Bandung tahun 2010 di Kota Deltamas Cikarang, sebuah township development Sinar Mas Land.

Sedangkan Universitas Prasetiya Mulya menandatangani MoU bersama International Management Institute (IMI) yang meliputi kemitraan dalam Student and Faculty Exchange, Double Degree in The Area of Hospitality and Event Management, Collaborative Projects in Cultural Tourism in Indonesia.

Universitas Prasetiya Mulya merupakan perguruan tinggi yang didirikan oleh para pelaku usaha, satu diantaranya adalah pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. Menurut Sulistiyanto yang juga Managing Director Sinar Mas, pihaknya telah berinisiatif menerapkan pendekatan dual system.

"Dimana kami dapat menjaring sumber daya manusia, khususnya potensi setempat, dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan dan karakteristik pilar bisnis kami. Selain itu, langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah mendorong keterlibatan sektor industri guna berbagi pengetahuan, kompetensi dan kecakapan dalam menghasilkan sumber daya siap kerja," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

Sistem ini melibatkan sektor industri turut dalam penyusunan kurikulum pendidikan tinggi yang memadukan pembelajaran sebanyak 30 % dan 70 % selebihnya berupa praktik di lingkungan kerja, sesuai kebutuhan industri terkait.

Bermitra dengan lembaga pendidikan dan organisasi nirlaba pengembangan kurikulum asal Swiss dilandasi pertimbangan bahwa negara ini adalah salah satu yang terbaik dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi, khususnya dalam penerapan dual system.

SITECO adalah organisasi nirlaba dari Zurich, Swiss yang mendukung program dual vocational education and training (dVET) seperti yang dilakukan di Swiss untuk disebarluaskan di negara berkembang.

International Management Institute (IMI) adalah sekolah perhotelan swasta yang menawarkan program dari tingkat dasar perhotelan hingga tingkat magister administrasi bisnis, berikut kesempatan magang di dalam maupun di luar Swiss.

Kerjasama program vokasi 3 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia di bawah naungan Sinar Mas dengan institusi pendidikan tinggi serta dunia usaha Swiss untuk peningkatan kualitas pendidikan vokasi dan SDM siap kerja di Indonesia dengan memperkuat dunia pendidikan dan kalangan pelaku usaha atau industri yang terintegrasi dengan baik.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8019 seconds (0.1#10.140)