Baran Energy Kembangkan Baterai Penyimpanan Skala Besar

Rabu, 03 Juli 2019 - 23:49 WIB
Baran Energy Kembangkan Baterai Penyimpanan Skala Besar
Baran Energy Kembangkan Baterai Penyimpanan Skala Besar
A A A
JAKARTA - Baran Energy sebuah startup calon unicorn Indonesia mengembangkan energy storage system yang berfungsi sebagai baterai penyimpanan energi skala besar.

Teknologi ini diyakini akan mampu mengubah peta industri energi di Indonesia. Bahkan diperkirakan, penggunaan teknologi baterai penyimpanan energi skala besar di Indonesia akan masif, menyusul tren di sejumlah negara maju yang telah lebih dahulu mengembangkan dan memanfaatkan teknologi ini.

Founder Baran Energy, Victor Wirawan, mengatakan dengan teknologi revolusioner ini, masyarakat dimungkinkan untuk tidak perlu membayar listrik lagi. Karena baterai ini dapat menyimpan energi listrik yang dihasilkan solar panel pada siang hari untuk digunakan di malam harinya.

"Dengan baterai yang diproduksi oleh Baran, akan membantu pemerintah dalam menyediakan energi listrik yang bersih, terjangkau dan aman bagi masyarakat," kata Victor di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Menurut Victor, persoalan utama dalam hal ketersediaan energi adalah pasokan. Selama ini, dengan bergantung pada satu sumber energi, yaitu energi fosil menjadi beban, baik bagi pemerintah selaku penyedia energi maupun masyarakat luas.

Saat ini, Baran Energy mengembangkan tiga varian produk teknologi energi ramah lingkungan. Yakni PowerWall berkapasitas 8.8 KWh, PowerPack 126 KWh, dan PowerCube 1.2 MWh. Ketiga perangkat dapat digunakan mulai dari rumah tinggal, pabrik, real estate, perkebunan, pertambangan hingga industri skala besar.

"Sudah waktunya Indonesia secara nyata dan dengan dukungan yang tepat, memberikan ruang kepada energi terbarukan untuk dapat berkembang. Di berbagai negara, hal ini dilaksanakan dalam bentuk pemberian insentif dan 'subsidi' bagi energi terbarukan," katanya.

Menurut Victor, hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan perlakuan yang sama bagi energi berbasis fosil dan energi terbarukan. Dengan memberikan pertimbangan yang sama dalam penetapan harga, termasuk dengan menginternalisasikan berbagai biaya eksternal.

Baterai karya anak bangsa, tutur Victor, bisa memberikan solusi bagi pemerintah dalam menjamin ketersediaan listrik di seluruh Indonesia. Untuk itu, dia berharap, pemerintah dapat mendukung inisiatif anak bangsa dalam hal energi terbarukan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4771 seconds (0.1#10.140)