Kritik Ekonomi RI Terlalu Bergantung Asing, Ekonom Ibaratkan Seperti Hobbit

Selasa, 16 Juli 2019 - 14:56 WIB
Kritik Ekonomi RI Terlalu Bergantung Asing, Ekonom Ibaratkan Seperti Hobbit
Kritik Ekonomi RI Terlalu Bergantung Asing, Ekonom Ibaratkan Seperti Hobbit
A A A
JAKARTA - Ekonomi Indonesia menurut Direktur Program Indef Esther Sri Astuti tidak perlu terlalu bergantung terhadap asing, meski Ia memberikan apresiasi terhadap pidato Presiden Joko Widodo tentang visi Indonesia yang menurutnya patut diacungi jempol. Namun Ia mengingatkan, agar Indonesia bisa seperti Hobbit di film Lord of The Rings.

“Meski kita dianggap sebagai negara kecil yang kurang diperhitungkan, kami himbau bahwa pak Presiden juga harus belajar dari metodelogi epic lainnya yakni lord of the rings,” ujar Esther di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Sambung dia menerangkan, Hobbit di film Lord of Ther Rings memang memiliki tubuh yang kecil dan relatif lemah. Namun di balik tubuh kecilnya justru mempunyai peranan untuk menyelamatkan dunia. “Dari situ kita dapat petik (pelajaran) bahwa kita tidak perlu bergantung dengan negara lain,” ucapnya.

Esther juga mengamini jika memang perekonomian dunia saat ini tengah dalam persaingan sangat sengit yang bahkan bisa menguncang perekonomian. Akan tetapi, harus diingat pula, terang dia jika Indonesia tidak terlalu berdampak pada kondisi dunia atau yang biasa disebut ‘winter is coming’.

Esther pun menyarankan agar Indonesia seharusnya bisa terus tumbuh, meskipun negara lain ataupun kondisi di luar sedang bergejolak. Tentunya dengan satu syarat bahwa Indonesia harus bisa mewujudkan kemandirian ekonominya sendiri.

“Presiden Jokowi juga nilai seakan-akan kita bergantung dengan pemimpin-pemimpin dunia. Kami mempertanyakan kenapa harus bergantung. Biarlah winter melanda ekonomi dunia, tapi kita tidak punya winter,” jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6923 seconds (0.1#10.140)