BI Turunkan Suku Bunga Acuan 25 bps Jadi 5,75%

Kamis, 18 Juli 2019 - 14:35 WIB
BI Turunkan Suku Bunga Acuan 25 bps Jadi 5,75%
BI Turunkan Suku Bunga Acuan 25 bps Jadi 5,75%
A A A
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis point menjadi 5,75% dari sebelumnya 6,00%. Selain itu BI juga memutuskan menurunkan suku bunga deposit facility di angka 5,0% dan lending facility di 6,5%.

"Dengan mempertimbangkan kondisi global, RDG pada tanggal 17 sampai 18 Juli 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Perry menjelaskan, keputusan bank sentral menurunkan suku bunga dikarenakan sejalan inflasi yang sudah rendah. "Perkirakan inflasi kedepan dan momentum mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang menurun dan ekonomi Indonesia terkendali," katanya.

Strategi operasi moneter tetap diarahkan untuk memastikan ketersediaan likuiditas di pasar uang dan memperkuat transmisi kebijakan moneter yang akomodatif. Kebijakan makroprudensial tetap akomodatif untuk mendorong penyaluran kredit perbankan dan memperluas pembiayaan bagi perekonomian.

Kebijakan sistem pembayaran dan pendalaman pasar keuangan juga terus diperkuat guna mendukung pertumbuhan ekonomi. Hal ini demi memperkuat ketahanan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) lewat ketahanan eksternal perekonomian Indonesia.

"Kedepannya BI akan mengoptimalkan bauran kebijakan agar tetap menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan, dengan memperkuat ekonomi dan bekerjasama dengan pihak pemerintah lainnya," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4482 seconds (0.1#10.140)