BI Ingatkan Kehandalan Sistem IT Perbankan Pasca Bank Mandiri Error

Senin, 29 Juli 2019 - 15:59 WIB
BI Ingatkan Kehandalan Sistem IT Perbankan Pasca Bank Mandiri Error
BI Ingatkan Kehandalan Sistem IT Perbankan Pasca Bank Mandiri Error
A A A
JAKARTA - Menanggapi kasus perubahan saldo yang menimpa nasabah Bank Mandiri setelah mengalami sistem error pada Sabtu (20/7) lalu, Bank Indonesia (BI) selaku pengawas perbankan dan fungsi makroprudensial sudah melakukan pengawasan. Ditambah mereka juga telah menyampaikan kekhawatirannya ke Ombudsman.

"Tapi setelah investigasi dilangsungkan, tidak ada ancaman terhadap makro ekonomi. Kami menyarankan supaya ada peningkatan kehandalan sistem IT," ujar Direktur Eksekutif Bank Indonesia untuk Surveillance Bank Sempa Ari H. Sitepu di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Sambung dia menerangkan, Bank Indonesia mengharapkan perbankan Indonesia bisa aman dan handal serta selalu diupdate waktu ke waktu supaya bisa menunjang sistem transaksi baik milik pemerintah maupun nasabah. "Kami mengapresiasi Ombudsman yang menginisiasi konferensi pers terkait isu bank Mandiri ini. Bank Indonesia sangat concern terhadap isu sistem pembayaran, dimana harus aman terutama dalam prioritas pengamanan konsumen,"paparnya.

Pihak Bank Indonesia diungkapkan juga sudah mengundang Bank Mandiri, agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Sempa menerangkan, bahwa sejauh ini, informasi yang diperoleh hanya dari masalah teknis, tetapi Bank Indonesia secara kontinyu akan berkoordinasi dengan OJK untuk melakukan pengawasan dan pendalaman secara detail, untuk itulah tim khusus IT milik OJK pun turut diturunkan.

"Kami sangat menjaga stabilitas sistem keuangan dan kami meminta bank Mandiri memperbaiki kelemahan yang ada supaya kedepannya sistem pembayaran tetap terjaga dan terpercaya," tegas Sempa.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3350 seconds (0.1#10.140)