Tiga Faktor Penopang Ekonomi Nasional Sepanjang Triwulan II

Selasa, 30 Juli 2019 - 15:08 WIB
Tiga Faktor Penopang Ekonomi Nasional Sepanjang Triwulan II
Tiga Faktor Penopang Ekonomi Nasional Sepanjang Triwulan II
A A A
JAKARTA - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) memaparkan, setidaknya terdapat tiga faktor yang mempengaruhi terjaganya kondisi ekonomi dalam negeri khususnya pada triwulan II-2019. Pertama yakni ketidakpastian pasar keuangan global agak menurun, dipengaruhi adanya langkah-langkah oleh bank-bank sentral di negara maju untuk kemudian diikuti bank sentral pada negara berkembang yang melakukan pelonggaran moneter.

"Termasuk yang dilakukan oleh bank sentral Amerika Serikat (The Fed) yang akan diprediksi akan menurunkan suku bunga kebijakan moneter nya," jelas Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Lebih lanjut Ia menerangkan, poin kedua yang mempengaruhi ekonomi nasional hingga pertengahan tahun ini yakni imbal hasil investasi portofolio di Indonesia masih kompetitif dan menarik. Hal itu meningkatkan efertite dari capital inflow di Indonesia, termasuk dengan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas yang terjaga.

Faktor ketiga, ujar Menkeu yakni membaiknya persepsi terhadap prospek ekonomi Indonesia dengan meningkatnya sovereign Indonesia dan juga perkembangan positif di berbagai sektor yang menimbulkan optimisme terutama pasca pemilihan umum. Kondisi politik terpantau mulai kondusif yang diikuti dengan penguatan kondisi nilai tukar rupiah.

"Berbagai perkembangan ini telah menyebabkan aliran masuk modal asing ke Indonesia dan kemudian menyebabkan terjadi perkuatan nilai tukar Rupiah. Ditambah juga meningkatkan kinerja dari pasar obligasi negara maupun pasar saham," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6633 seconds (0.1#10.140)