Raih Akreditasi ACI Jadi Bukti Komitmen Bandara Sam Ratulangi Manado

Selasa, 06 Agustus 2019 - 14:54 WIB
Raih Akreditasi ACI Jadi Bukti Komitmen Bandara Sam Ratulangi Manado
Raih Akreditasi ACI Jadi Bukti Komitmen Bandara Sam Ratulangi Manado
A A A
MANADO - Bandara Sam Ratulangi Manado masuk dalam daftar 10 bandara PT Angkasa Pura I (Persero) yang berhasil memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari Airports Council International (ACI). Ini menjadikan Angkasa Pura I sebagai operator bandara pertama di Asia-Pasifik yang mayoritas bandaranya mendapatkan pengakuan atas komitmen peningkatan pengalaman pelanggan dari lembaga kebandarudaraan prestisius dunia yang berbasis di Montreal, Kanada ini.

Dalam program strategisnya, Angkasa Pura I merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelolanya hingga dua kali lipat dalam lima tahun ke depan. Angkasa Pura I menekankan bahwa kualitas pelayanan kepada pelanggan merupakan suatu prioritas yang terus ditingkatkan demi mencapai target menjadi salah satu yang terbaik di tingkat global.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T Gandeguai mengungkapkan, bahwa akreditasi pelayanan bandara (ASQ) dari ACI ini bukan hanya capaian Angkasa Pura I semata melainkan juga sebuah prestasi masyarakat Sulawesi Utara, mengingat kolaborasi yang terus terjalin dengan baik antara manajemen Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Akreditasi oleh lembaga internasional ini (ACI) sebagai pemacu semangat kami dalam meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna jasa khususnya para wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Utara, mengingat tugas utama kami yaitu memberikan kesan pertama dan menjaga kesan terakhir para wisatawan yang melalui Bandara Sam Ratulangi,” ungkap Minggus di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Akreditasi ini dilakukan berdasarkan praktik bandara dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik yang terdiri atas customer understanding, strategy measurement, operational improvement, governance, airport culture, service design/innovation, dan airport community collaboration.

"Dengan akreditasi dari ACI ini artinya pengelola bandara telah menunjukkan komitmen secara terus-menerus untuk mengulas dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka yang terus berubah, unggul, dan belajar bagaimana mereka dapat terus meningkat," kata ACI World Director Angela Gittens.

Perwakilan 10 bandara Angkasa Pura I ini akan diundang untuk menerima sertifikat akreditasi dalam ajang ACI Customer Experience Global Summit yang akan diadakan di Bali, 2-5 September 2019 mendatang bersama bandara-bandara internasional dunia yang turut mendapatkan akreditasi ini seperti Bandara John F. Kennedy New York (AS), Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai (India), Bandara Incheon (Korea Selatan), serta Bandara Internasional Halifax Stanfield (Kanada).

Adapun kesepuluh bandara Angkasa Pura I yang berhasil memperoleh akreditasi yaitu:
1. Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali
2. Bandara Juanda - Surabaya
3. Bandara Sultan Hasanuddin - Makassar
4. Bandara SAMS Sepinggan - Balikpapan
5. Bandara Jenderal Ahmad Yani - Semarang
6. Bandara Sam Ratulangi - Manado
7. Bandara El Tari - Kupang
8. Bandara Pattimura - Ambon
9. Bandara Adi Soemarmo - Solo
10. Bandara Internasional Lombok - Praya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0171 seconds (0.1#10.140)