BI Pandang Ekonomi Domestik Masih Solid

Rabu, 07 Agustus 2019 - 15:22 WIB
BI Pandang Ekonomi Domestik Masih Solid
BI Pandang Ekonomi Domestik Masih Solid
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan pertumbuhan ekonomi domestik pada kuartal II 2019 sebesar 5,05% masih solid meski tumbuh melambat.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, mengatakan kalau dilihat dari komponen kontribusi pertumbuhan ekonomi yakni konsumsi masyarakat, tumbuh mendekati 5,2%.

Namun menurut dia, ada dua sektor yang masih perlu didorong, diantaranya konsumsi masyarakat dan investasi. "Kalau bisa fokus pada dua ini maka pertumbuhan ekonomi akan signifikan. Karena keduanya menyumbang sekitar 80% pertumbuhan ekonomi," ujar Destry usai pelantikan di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Adapun sektor eksternal, menurut dia, memang Indonesia belum bisa berharap dari ekspor. Karena ekspor masih mengalami pertumbuhan negatif imbas melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan adanya perang dagang. Sehingga berpengaruh terhadap ekspor.

Kedepan, diharapkan pemerintah bersama dengan BI bisa lebih meningkatkan diversifikasi ekspor serta meningkatkan pertumbuhan di pasar yang sifatnya konvensional.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7149 seconds (0.1#10.140)