Cara India Pertahankan Industri Media Cetak

Rabu, 14 Agustus 2019 - 06:11 WIB
Cara India Pertahankan Industri Media Cetak
Cara India Pertahankan Industri Media Cetak
A A A
NEW DELHI - Bisnis media cetak di beberapa negara sedang mengalami kelesuan akibat terus meningkatnya media online dan pembacanya. Namun, bukan berarti bahwa media cetak sudah suram betul.

India salah satunya. Negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia, dengan populasi 1,1 miliar jiwa, masih optimis dengan bisnis media cetak. Hal ini terlihat dari pertumbuhan iklan media cetak yang meningkat di tahun 2019.

Melansir dari Economic Times, pendapatan iklan media cetak tumbuh 5,6% pada 2018 dan terus naik pada tahun ini. Bahkan, pemerintah India sedang mempertimbangkan untuk melonggarkan investasi langsung asing (foreign direct investment/FDI) di bidang media cetak tertentu.

Pemerintah India mengizinkan investasi asing di bidang-bidang seperti percetakan surat kabar dan penerbitan majalah ilmiah untuk bidang tertentu. Tentunya ini menjadi angin segar bagi industri media cetak di India.

Di lain sisi, Shashi Sinha seorang CEO IPG Mediabrands, mengatakan industri media cetak bakal tumbuh menguntungkan karena kredibilitas yang ditawarkannya dengan konten yang menarik.

"India adalah satu-satunya pasar di dunia, dimana media cetak terus menjadi dominan dan tumbuh dalam semua aspek, seperti sirkulasi, pembaca, dan geografis. Media tumbuh dengan kuat di karena konten, yang telah menyebabkan pertumbuhan jumlah surat kabar," kata Sinha.

Dan pemerintah India punya peran penting untuk mempertahankan bisnis media cetak dengan memberikan beberapa kebijakan berupa insentif pajak.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.4042 seconds (0.1#10.140)