Jokowi Waspadai Gangguan Bencana yang Bisa Ganggu Perekonomian

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 15:22 WIB
Jokowi Waspadai Gangguan Bencana yang Bisa Ganggu Perekonomian
Jokowi Waspadai Gangguan Bencana yang Bisa Ganggu Perekonomian
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo mewaspadai bencana yang kerap terjadi di Indonesia. Selain ketidakpastian global, bencana dapat membuat Indonesia mudah goyah perekonomiannya. Jokowi pun menegaskan pentingnya sikap sigap dan waspada dalam menghadapi ketidakpastian ini.

"Kapasitas kita dalam mengelola risiko menghadapi gejolak ekonomi global dan mengelola bencana yang tidak terduga harus kita perkuat," ujar Jokowi dalam Pidatio Kenegaraan di Sidang Tahunan DPR-MPR RI Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Oleh karenanya, Jokowi menambahkan pembangunan di berbagai sektor perekonomian harus sensitif terhadap berbagai risiko. Salah satunya, infrastruktur yang harus disiapkan untuk mendukung mitigasi risiko bencana.

Selain itu, masyarakat juga harus waspada dan sadar akan risiko yang ada. Hal ini agar membantu pemerintah dalam menghadapi bencana dan memulihkan kembali perekonomian pasca terjadinya bencana.

"Dunia yang kita huni bersama tidak selamanya mulus dan stabil. Tidak semuanya selalu pasti dan tidak selalu terduga sebelumnya," lanjutnya.

Jokowi menegaskan hal tersebut, terlebih lagi saat ini Indonesia sedang menghadapi dinamika ekonomi global yang terus bergejolak dan menghadapi perubahan geopolitik.

"Krisis ekonomi melanda beberapa belahan dunia, krisis iklim mengancam dunia, kerusakan lingkungan menjadi ancaman kita bersama," tutur Jokowi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4319 seconds (0.1#10.140)