AP II Seleksi Desain Terminal 4 Bandara Soetta

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 13:00 WIB
AP II Seleksi Desain Terminal 4 Bandara Soetta
AP II Seleksi Desain Terminal 4 Bandara Soetta
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II (persero) atau AP II menyatakan saat ini proyek Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Banten, sudah memasuki tahap penjurian desain yang dilangsungkan pada 20-21 Agustus 2019 lalu.

Ph Senior Vice President of Head Corporate Secretary and Legal AP II Achmad Rivai mengatakan, kawasan Terminal 4 akan dibangun di atas lahan seluas 130 hektare. Perseroan juga mengumumkan terdapat dua konsorsium yang menggarap desain pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno- Hatta.

“Seluruh kebutuhan tanah sudah dimiliki oleh Angkasa Pura II sehingga kami targetkan proses konstruksi nantinya bisa dilakukan dengan lancar. Tanah tersebut adalah yang saat ini di gu nakan untuk lapangan golf, perkantoran, dan terminal kargo,” ujar Rivai di Jakarta kemarin.

Seiring dengan pembangunan Terminal 4 tersebut, maka kawasan kargo akan dipindah dan dikembangkan menjadi cargo village yang juga dapat mengakselerasi pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Terminal 4 dibangun dengan kapasitas sekitar 40 juta penumpang pesawat pertahun dan akan menjadi terminal terbesar di Indonesia. Saat ini terminal terbesar di Indonesia adalah Ter minal 3 Bandara Soetta dengan kapasitas 25 juta penumpang pertahun.

Konsep desain interior Terminal 4 sendiri adalah futuristik dan mengadopsi kebudayaan lokal. Di sisi teknologi informasi, Terminal 4 juga memiliki konsep smart mobility, smart environment, dan smart security.

Dalam mendukung ‘Smart Mobility’ Terminal 4 memiliki self-check in counter, self-baggage drop, dan sejumlah fasilitas lainnya. Terkait ‘Smart Security’ Terminal 4 dilengkapi full body scanner x-ray serta smart CCTV.

Sementara dengan ‘Smart Environment’, Terminal 4 menjadi eco-green airport dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain smart grid dan intelligent building management system. “Kami juga membuat konsep khusus ter kait dengan komersial di mana memperhatikan tenant flow management dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan,” tambahnya.

Keseluruhan konsep yang ada di Terminal 4 sangat memperhatikan seluruh proses, mulai keberangkatan, check-in, kedatangan, transit, komersial, hingga transportasi publik dari dan ke terminal. “Ini juga dileng kapi juga teknologi informasi terkini, Terminal 4 akan mem bawa harum nama Indonesia di tingkat global,” jelas Rifai.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu juga menaruh perhatian terhadap Terminal 4 saat berkunjung ke Soekarno-Hatta pada Juni 2019. Ketika itu, Presiden Jokowi meminta pembangunan Terminal 4 dimulai pada 2021 dan tuntas pada 2024.

“Ini sudah mulai gambar-gambar, desain sudah. Kita harapkan nanti di 2021 terminal yang keempat juga sudah dibangun lagi. Tiga tahun rampung sehingga total nantinya kita harapkan di sini bisa menampung 110 juta penumpang dengan plus terminal keempat,” ucap Presiden Jokowi.

Setelah Terminal 4 ber kapasitas 45 juta penumpang di bangun, lalu revitalisasi Terminal 1 dan 2 usai dengan kapasitas total 40 juta penumpang, ditambah dengan Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang, maka Soekarno-Hatta secara keseluruhan memiliki kapasitas sekitar 110 juta penumpang per tahun.

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, pembangunan Terminal 4 Soekarno- Hatta praktis akan menambah kapasitas jumlah penumpang di bandara tersibuk di Indonesia itu. Namun begitu, pembangunan terminal juga harus diimbangi dengan pendapatan dari sisi non-aero.

“Dengan kata lain, bisnisnya juga harus jalan. Saya melihat ini potensi yang besar. Bukan hanya dalam tingkat-meningkatkan pelayanan, tapi harus dimanfaatkan semaksimal mung kin dari sisi pendapatan di luar aero.

Tentu ini bisa menambah pendapatan dari Angkasa Pura II juga asalkan di kelola dengan baik secara profesional, sebab di mana-mana ban dara di negara maju kecenderungan pendapatan non-aero kini sudah lebih besar ketimbang pendapatan dari sisi udara,” ujarnya kepada KORAN SINDO.

Sebagai informasi, Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta di targetkan rampung pada 2024 yang diperkirakan menelan biaya sebesar Rp11 triliun. Luas lahan Terminal 4 sen diri yaitu 130 hektare dengan kapasitas mencapai 45 juta penumpang. (Ichsan Amin)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4482 seconds (0.1#10.140)