Pelindo III-Semen Indonesia Sinergi Operasi Logistik, Energi dan Kepelabuhanan

Rabu, 28 Agustus 2019 - 14:20 WIB
Pelindo III-Semen Indonesia Sinergi Operasi Logistik, Energi dan Kepelabuhanan
Pelindo III-Semen Indonesia Sinergi Operasi Logistik, Energi dan Kepelabuhanan
A A A
JAKARTA - PT Pelindo III (Persero) dan PT Semen Indonesia meneken perjanjian kerja sama di sektor logistik, energi serta kepelabuhanan. Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dan Direktur Utama PT Semen Indonesia Hendi Prio Santoso di Jakarta, Selasa (27/8) malam.

"Sinergi BUMN ini dilandasi sharing expertise agar dapat memberikan added value pada bisnis masing-masing. Antara Pelindo III di bidang kepelabuhanan dengan Semen Indonesia sebagai produsen semen besar nasional. Pelindo III memiliki kemampuan dan fasilitas di sektor logistik pelabuhan yang dapat mendorong distribusi dari produk-produk Semen Indonesia ke pelosok negeri," kata Doso Agung, dalam keterangan resminya di Jakarta, (28/8/2019).

Menurut Doso, dari sisi energi, inovasi Pelindo III menyediakan fasilitas shore connection (sumber listrik untuk kapal sandar dermaga) bisa dimanfaatkan menyuplai energi listrik sehingga bisa menghemat biaya operasional. "Karena energi listrik lebih efisien daripada menggunakan bahan bakar minyak untuk diesel mesin tambahan kapal saat sandar," jelasnya.

Doso menambahkan, Pelindo III sebagai BUMN operator pelabuhan juga siap untuk membantu mengoperasikan sejumlah pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang dimiliki Semen Indonesia di berbagai daerah. "Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan utilisasi aset TUKS yang masih rendah pemanfaatannya agar bisa meningkat," tambah Doso Agung.

Direktur Utama PT Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso, mengatakan, peningkatan throughput (arus bongkar muat) pelabuhan akan memberikan peningkatan efisiensi. Sehingga yang dibutuhkan dalam bisnis tersebut, ungkap Hendi, tidak hanya penguasaan fasilitas.

"Tapi peningkatan utilisasi pelabuhan dan saling berbagi manfaat ekonominya. Karenanya dibutuhkan mitra yang kompeten seperti Pelindo III dan juga tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan pihak ketiga," katanya.

Hendi mengharapkan dengan adanya sinergi operasi logistik dan kepelabuhanan dengan Pelindo III, Semen Indonesia dapat semakin meluaskan jangkauan dan penguasaan distribusi produknya ke banyak pasar baru di Indonesia.

"Jika sinergi operasi ini sudah lancar produk akan lebih cepat sampai ke pelanggan, dengan harga yang lebih terjangkau pula. Di antaranya diharapkan dapat mendorong akselerasi pengiriman dari pabrik di Tuban dan Cilacap," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4315 seconds (0.1#10.140)