Ekonomi Global Bergejolak, Mandiri Berharap Lanjutan Kelonggaran Moneter

Senin, 09 September 2019 - 14:58 WIB
Ekonomi Global Bergejolak, Mandiri Berharap Lanjutan Kelonggaran Moneter
Ekonomi Global Bergejolak, Mandiri Berharap Lanjutan Kelonggaran Moneter
A A A
JAKARTA - Direktur Keuangan PT. Bank Mandiri Tbk Panji Irawan berharap, kebijakan moneter ke depan akan lebih longgar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tengah perlambatan global. Terlebih menurutnya stabilitas perekonomian nasional terjaga, dengan melihat laju rupiah dan inflasi hingga pertengahan tahun ini.

"Pelonggaran kebijakan moneter ini sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, di tengah kecenderungan perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan peningkatan ketidakpastian yang bisa menekan pertumbuhan ekonomi nasional," jelas Panji di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Lebih lanjut terang dia, keseimbangan ekonomi internal yang masih terjaga membuatnya optimistis. Mengingat tekanan eksternal diyakini bakal meningkat, saat proyeksi ekonomi global dari beberapa lembaga internasional menyatakan bakal lebih rendah dibandingkan 2018, lalu.

"Kami juga memandang keseimbangan ekonomi internal yaitu inflasi, dan keseimbangan ekonomi eksternal yaitu kurs Rupiah masih terjaga. Tingkat harga-harga umum atau inflasi masih terkendali," paparnya.

Sementara terkait dengan pergerakan kurs rupiah, Ia merinci pada kuartal pertama dan kedua tahun 2019 masih terkendali dengan nilai tukar rupiah berada pada kisaran level Rp14.200 per dolar AS. Hal ini seiring aliran modal asing yang masuk ke pasar obligasi dan pasar saham masing–masing sebesar Rp116 triliun dan Rp59 triliun.

"Sampai akhir Agustus 2019, telah mendukung stabilitas nilai tukar Rupiah. Kami masih optimis stabilitas ekonomi internal dan eksternal ke depan masih akan terjaga," tegas dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5375 seconds (0.1#10.140)