Tokopedia Dorong Ekonomi Digital Umat

Senin, 09 September 2019 - 18:03 WIB
Tokopedia Dorong Ekonomi Digital Umat
Tokopedia Dorong Ekonomi Digital Umat
A A A
JAKARTA - Tokopedia bersama dengan organisasi kemasyarakatan Muslimat Nahdlatul Ulama (Muslimat NU) Jawa Timur menandatangani nota kesepahaman untuk mengembangkan ekonomi digital puluhan ribu Muslimat NU Jawa Timur demi mengakselerasi terwujudnya pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Kemitraan strategis ini merupakan langkah awal kedua belah pihak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi umat di Jawa Timur secara digital.

“Sebagai Super Ecosystem, Tokopedia selalu bekerja sama dengan para mitra strategis dalam hal ini Muslimat NU Jawa Timur untuk menjadi katalisator pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," ujar Vice President of Public Policy and Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Dalam kesepakatan bersama ini, Tokopedia dan Muslimat NU Jawa Timur menyepakati beberapa poin yang terangkum dalam Program Pengembangan Umat. Pertama, Tokopedia akan membantu mendampingi kegiatan pemasaran hasil kegiatan ekonomi umat, mulai dari makanan hingga minuman.

"Nantinya mereka akan dibantu untuk memasarkan barang produksinya melalui platform Tokopedia," ungkap dia.

Hal tersebut diharapkan dapat memperluas cakupan penjualan melalui Tokopedia yang telah memiliki 90 juta pengguna aktif bulanan dan telah menjangkau lebih dari 97% kecamatan di Indonesia.

Kedua, Tokopedia membantu mengembangkan usaha kecil, seperti warung kelontong, agar juga dapat berkontribusi terhadap perekonomian digital Indonesia.

Astri mengungkapkan bahwa para pegiat UMKM, salah satunya pemilik warung kelontong, merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang mampu memberikan kontribusi lebih dari 60% dari pendapatan negara. Maka, keberadaan dan perkembangan UMKM di Indonesia perlu terus didukung.

Tokopedia melalui aplikasi ringan berukuran 2 MB ‘Mitra Tokopedia’ berkomitmen mempermudah pemilik warung kelontong, kios, usaha individu dan sejenisnya untuk berjualan produk digital seperti paket data, token listrik, BPJS dan lainnya, serta memungkinkan mereka melakukan stok ulang barang dagangan di toko offline-nya dengan lebih mudah dan efisien.

Menurut dia, hal ini diharapkan dapat membantu pemilik usaha kecil mendapatkan keuntungan yang lebih baik sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian digital Indonesia.

Ketiga, sosialisasi produk keuangan berbasis syariah yang tersedia dalam platform Tokopedia, seperti Zakat, Reksa Dana Syariah dan Tokopedia Emas Syariah.

Produk keuangan yang ditawarkan Tokopedia dapat menjadi pilihan yang baik bagi umat untuk menabung, berinvestasi serta menunaikan kewajiban untuk membayarkan zakat. Selain mempermudah kehidupan mereka, hal ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran serta inklusi keuangan masyarakat.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4436 seconds (0.1#10.140)