Akuisisi BRINS, BRI Resmi Miliki Asuransi Umum

Kamis, 26 September 2019 - 17:21 WIB
Akuisisi BRINS, BRI Resmi Miliki Asuransi Umum
Akuisisi BRINS, BRI Resmi Miliki Asuransi Umum
A A A
JAKARTA - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) resmi mengakuisisi PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS), perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum. Akuisisi ini merupakan langkah strategis perseroan untuk menjadi integrated financial solutions.

BRINS merupakan perusahaan asuransi umum, yakni membuat dan menutup perjanjian dari segala asuransi kerugian, termasuk pula perjanjian-perjanjian, reasuransi, terkecuali pertanggungan jiwa. Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan, dalam aksi korporasi ini Bank BRI mengakuisisi 90% saham BRINS yang sebelumnya dimiliki oleh Dapen BRI dengan nilai Rp1,04 triliun.

Hingga akhir Desember 2018, BRINS mencatatkan laba bersih Rp140 miliar dengan total ekuitas Rp711,7 miliar dan premi bruto senilai Rp1,3 triliun. Sunarso mengutarakan bahwa pertumbuhan anorganik ini merupakan upaya perseroan untuk memberikan layanan keuangan yang terintegrasi.

“Dengan bergabungnya BRINS ke dalam BRI Group tentunya layanan dan produk yang kami tawarkan kepada nasabah akan lebih lengkap,” kata Sunarso di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Dengan bergabungnya BRINS maka Bank BRI memiliki 8 perusahaan anak yang tergabung di BRI Group, diantaranya BRI Syariah (73%), BRI Agro (87,1%), BRI Remittance (100%), BRI Finance (99,65%), BRI Life (91%), BRI Ventures (99,82%), Danareksa Sekuritas (67%) dan BRINS (90%).

Selanjutnya guna mendorong peningkatan kinerja, BRI akan mendorong transformasi BRINS di segmen ritel dengan menyediakan produk yang lebih customer centric dan memperluas jaringan distribusi ke arah digital yang terintegrasi, disamping jaringan konvensional yang telah dimiliki BRI. “Strateginya yakni membawa BRINS agar go digital, go micro dan go customer centric,” pungkas Sunarso.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6873 seconds (0.1#10.140)