Pembukaan Rute Baru Maskapai Dorong Pertumbuhan Pariwisata

Kamis, 03 Oktober 2019 - 19:56 WIB
Pembukaan Rute Baru Maskapai Dorong Pertumbuhan Pariwisata
Pembukaan Rute Baru Maskapai Dorong Pertumbuhan Pariwisata
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung pembukaan rute baru maskapai menuju Belitung dalam rangka mendongkrak pariwisata nasional. Hal itu dikatakan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Hukum dan Reformasi Agraria, Umar Haris di Jakarta, Kamis (3/9/2019) seusai meresmikan rute baru AirAsia menuju Belitung dengan rute Jakarta-Belitung dan Kuala Lumour Belitung di Bandara Hananjoeddin.

Menurut dia, dengan banyaknya rute maskapai ke daerah wisata eksotis tersebut diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Belitung dari sektor pariwisata. "Kita harapkan bukaan rute baru dari banyak maskapai bisa menjadi multiplier effect bagi perkembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat Belitung. Multiplier effect ini diharapkan dapat tumbuh khususnya untuk masyarakat Belitung dan tentunya bagi seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Pada peresmian tersebut turut hadir Ambassador of Malaysia to the Republic of Indonesia, Bupati Belitung, Deputy CEO AirAsia Indonesia dan Kepala UNit Pelaksana Bandara H.A.S Hanandjoeddin. Acara peresmian diawali dengan water salute saat pesawat mendarat dan dilanjutkan dengan penyambutan penumpang dengan tarian adat khas Belitung.

Peresmian ini sekaligus sebagai selebrasi dua penerbangan perdana untuk rute domestik Jakarta-Belitung yang beroperasi sejak 1 Oktober 2019 serta rute internasional Kuala Lumpur-Belitung yang mulai beroperasi pada 2 Oktober 2019.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti mengapresiasi dibukanya rute penerbangan baru ini. "Kami menyambut positif atas bertambahnya penerbangan menuju Belitung. Dengan penambahan rute yang dilakukan oleh maskapai Air Asia, terutama akses internasional Kuala Lumpur-Belitung, diharapkan mampu menarik wisatawan internasional untuk mengunjungi dan menikmati keindahan wisata Belitung," jelas Polana.

Selain itu AirAsia juga membuka rute penerbangannya ke Sorong, Papua dengan rute Jakarta-Sorong PP yang beroperasi mulai hari ini. Pesawat yang digunakan untuk menembus kawasan Indonesia Timur ini adalah jenis Air Bus 320 dengan kapasitas 180 seat. Dalam sepekan, AirAsia melayani penerbangan Jakarta- Sorong PP sebanyak 4 kali, yakni di hari Senin, Selasa, Kamis dan Minggu . Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Raja Ampat dan destinasi wisata lainnya di wilayah Papua Barat. Rute Belitung juga sudah diterbangi sejumlah maskapai nasional lainnya diantaranya Garuda Indonesia maupun Citilink Indonesia serta Lion Air.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6995 seconds (0.1#10.140)