Lewat KOMPAK, Indonesia-Australia Dukung Petani Rumput Laut di Sulsel

Kamis, 10 Oktober 2019 - 01:27 WIB
Lewat KOMPAK, Indonesia-Australia Dukung Petani Rumput Laut di Sulsel
Lewat KOMPAK, Indonesia-Australia Dukung Petani Rumput Laut di Sulsel
A A A
JAKARTA - Pemerintah Australia dan Indonesia melakukan kerja sama di sektor kelautan demi mencapai tujuan Sustainable Development Goals(SDGs) bersama.

Komitmen Australia mendukung Indonesia dalam sektor ini terwujud dalam tiga program kemitraan, yaitu Australia-Indonesia Partnership for Promoting Rural Incomes Through Support for Markers in Agriculture (PRISMA), Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK), dan Kemitraan Australia-Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (MAMPU).

"Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi di sektor kelautan yang sangat besar. Melalui kemitraan yang kami bangun dengan berbagai pihak, kami berharap laut dapat dikelola dengan baik, sehingga manfaatnya bisa disebarkan ke segala penjuru lautan. Tidak hanya bagi pihak yang terlibat, namun masyarakat dan ekosistem laut yang hidup di dalamnya," ujar Konselor Kerja Sama Pembangunan dan Kedutaan Australia Robert Brink dalam SDGs Annual Conference 2019 di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Dengan menggandeng Ocean Fresh sebagai mitra, KOMPAK membantu petani rumput laut di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas panen mereka untuk produksi komersial.

"Dalam pelaksanaannya, kelompok petani rumput laut, pemerintah desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Kementerian Desa turut dilibatkan," ujar Kepala Bappeda Kabupaten Bantaeng Dimiati Nongpa.

Upaya ini mendorong terciptanya harga rumput laut menjadi semakin kompetitif dan stabil. Dengan demikian, petani rumput laut bisa mendapatkan manfaat dari keuntungan penjualan yang lebih besar serta pengetahuan budidaya yang mereka dapatkan dari kolaborasi berbagai pihak.

"Kerja sama dengan Ocean Fresh juga turut memberikan manfaat kepada BUMDes berupa peningkatan nilai tambah dari pengolahan rumput laut menjadi produk semi-karagenan, serta penjualannya selama satu tahun kedepan yang telah disepakati dengan Ocean Fresh," ujar Founder Ocean Fresh Linawati Hardjito.

Lebih lanjut, kerja sama dengan DKP Kabupaten Bantaeng dalam meningkatkan peran Pusat Pembibitan Rumput Laut juga membantu petani dalam mendapatkan bibit yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5117 seconds (0.1#10.140)