Bank Indonesia Perkuat Kerja Sama Internasional

Rabu, 23 Oktober 2019 - 09:00 WIB
Bank Indonesia Perkuat Kerja Sama Internasional
Bank Indonesia Perkuat Kerja Sama Internasional
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan diperlukan upaya bersama untuk meningkatkan kerja sama, memitigasi risiko, meningkatkan resiliensi dan mengimplementasikan kebijakan untuk mendorong pertumbuhan melalui bauran kebijakan. BI juga mendukung kelanjutan kajian Integrated Policy Framework yang sedang dilakukan IMF untuk meningkatkan pemahaman dan efektivitas kebijakan ekonomi yang ditempuh oleh setiap negara sesuai dengan karakteristik dan kondisinya.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, berbagai risiko tetap mengancam pertumbuhan ekonomi global antara lain berupa ketegangan perdagangan (trade tension) yang berimplikasi pada ketidakpastian kebijakan, risiko geopolitik, pengetatan kondisi keuangan di tengah terbatasnya ruang kebijakan, tingginya tingkat utang, dan meningkatnya kerentanan di sektor keuangan.

“Di samping itu, risiko terkait perubahan iklim (climate change) juga menjadi perhatian pada pertemuan tahunan ini karena dipandang memiliki dampak bagi stabilitas sistem keuangan sehingga perlu segera dimitigasi dengan kebijakan di sektor keuangan,” kata Dody dalam keterangan rilisnya saat menghadiri rangkaian Pertemuan Tahunan International Monetary Fund dan World Bank (IMF-World Bank) di Washington DC, Amerika Serikat, kemarin.

Perkembangan teknologi juga menjadi topik diskusi sehubungan dengan manfaat dan juga risiko sehingga diperlukan upaya untuk menyeimbangkan dukungan bagi inovasi di sektor keuangan dengan pengaturan atau pengawasannya. Dalam plenary meeting International Monetary and Financial Committee (IMFC), peserta mendukung Global Policy Agenda IMF yang disampaikan Managing Director IMF yang baru, Kristalina Georgieva, yang berupaya untuk memperkuat kerja sama internasional, meningkatkan resiliensi dan meningkatkan inklusivitas perekonomian global untuk mendukung pertumbuhan yang lebih berkesinambungan. (Kunthi Fahmar Sandy)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5894 seconds (0.1#10.140)