Perluas Pasar Ekspor, Phapros Jajaki Peru

Senin, 28 Oktober 2019 - 13:59 WIB
Perluas Pasar Ekspor, Phapros Jajaki Peru
Perluas Pasar Ekspor, Phapros Jajaki Peru
A A A
JAKARTA - PT Phapros. Tbk (PEHA) yang juga merupakan anak usaha dari PT Kimia Farma (Persero), Tbk melakukan ekspor perdananya ke Peru, Amerika Selatan. Direktur Utama PT Phapros, Tbk, Barokah Sri Utami (Emmy) mengatakan, bahwa proses penjajakan kerja sama ekspor dan impor dengan Peru berlangsung sejak akhir tahun 2018 lalu.

“Terdapat hubungan yang baik antara Indonesia dengan Peru, dimana kami sebagai anak perusahaan BUMN saat itu mengetahui kebutuhan yang besar atas produk obat Tuberkulosis (TBC) di Peru, termasuk upaya untuk menekan prevalensi kasus penyakit tersebut di sana. Sehingga kami siap menjalin kerjasama dengan Peru di 2018 untuk produk obat TBC yang juga merupakan salah satu produk unggulan PEHA hasil pengembangan sendiri,” ujar Emmy di Semarang, Senin (28/20/2019).

Lebih lanjut terang dia, kerja sama di 2018 tersebut kemudian diwujudkan melalui ekspor perdana Phapros ke Peru pada 28 Oktober 2019. Menurut World Health Organisation (WHO), prevalensi kasus TBC di Peru merupakan yang tertinggi di wilayah Amerika. Tingkat keberhasilan pengobatannya cenderung lambat hanya sekitar 1,5% per tahun di mana angka tersebut perlu ditingkatkan hingga 4-5% untuk mengakhiri epidemi TBC dan penyakit menular lainnya di 2030.

Emmy menuturkan, bahwa Peru memiliki banyak perusahaan farmasi lokal, namun di antara mereka belum ada yang bisa memproduksi obat TBC. Sehingga ekspor ini juga merupakan salah satu pencapaian Phapros di tahun 2019.

“Total nilai ekspor ke Peru masih di bawah Rp5 miliar, namun di masa depan kami optimis nilainya bisa lebih besar seiring dengan adanya proyek tender pemerintah negara setempat. Dengan upaya peningkatan ekspor ini, ke depannya kami juga berharap bisa menargetkan kontribusi ekspor dalam penjualan hingga di atas 5 persen,” tambahnya.

Sebelumnya pada tahun 2014, Phapros juga telah melakukan ekspor perdana ke Kamboja dengan mengirim 11 jenis produk yang diantaranya merupakan produk unggulan PEHA seperti Antimo Group dan Dextamine.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3986 seconds (0.1#10.140)