Kementerian ESDM Hanya Terima 50 CPNS, Perhatikan Betul Syarat-Syaratnya

Sabtu, 16 November 2019 - 11:01 WIB
Kementerian ESDM Hanya Terima 50 CPNS, Perhatikan Betul Syarat-Syaratnya
Kementerian ESDM Hanya Terima 50 CPNS, Perhatikan Betul Syarat-Syaratnya
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka pedaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah diumumkan pada Senin (11/11) lalu. Berdasarkan surat pengumuman Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Nomor. 0026.Pm/72/SJN.M/2019 disebutkan Kementerian ESDM hanya membuka sebanyak 50 formasi untuk CPNS 2019.

Adapun 50 formasi tersebut terdiri dari 20 jabatan yang akan ditempatkan di unit penempatan kerja, dengan kebutuhan Kementerian ESDM sebanyak 43 formasi umum, lima formasi Cumlaude, satu formasi disabilitas dan satu formasi putra-putri Papua dan Papua Barat.

"Sesuai arahan Presiden, kita harus menjadi organisasi yang ramping, sehingga prioritas kita tahun ini adalah 50 CPNS untuk jabatan-jabatan yang mendukung program Nawacita di Indonesia dan merupakan core bisnisnya Kementerian ESDM," tutur Nur Widyasari Kepala Bagian Perencanaan Pengembangan, Biro Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/11/2019).

Selanjutnya Nur menuturkan bahwa para pelamar CPNS Kementerian ESDM harus memperhatikan laman resmi Kementerian ESDM dan benar-benar memperhatikan semua detail yang dipersyaratkan. "Kalau untuk syarat-syaratnya, bisa dilihat melalui laman https://cpns.esdm.go.id/, di situ lengkap, mulai dari uraian jabatannya, jenjang karir sampai dengan penempatannya sehingga memudahkan teman-teman untuk melihat, jabatan apa sih yang dibuka di Kementerian ESDM, juga persyaratan lainnya. Benar-benar harus dicermati sebelum di-submit, karena banyak pelamar yang belum memperhatikan persyaratan dengan benar," jelas Nur.

Khusus untuk nilai TOEFL, Nur menambahkan, syarat untuk tahun ini lebih fleksibel dibanding tahun sebelumnya. "Berbagai sertifikat kemampuan bahasa Inggris bisa digunakan, TOEFL atau TOEIC dari Lembaga Bahasa resmi, tetapi bukan surat kelulusan belajar Bahasa ya," ujar Nur saat menjelaskan terkait nilai TOEFL. Nilai TOEFL yang dibutuhkan minimal 450 untuk formasi umum dan Cumlaude, sementara khusus putra-putri Papua dan Papua Barat serta Disabilitas tanpa syarat TOEFL.

Informasi selanjutnya terkait formasi yang khusus hanya ada di Kementerian ESDM adalah Pengamat Gunung Api, dengan kualifikasi lulusan DIII- Teknik Elektro dan Manajemen Informatika dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi.

Nur menambahkan, pendaftaran serta pengiriman dokumen dan berkas online akan ditutup pada tanggal 26 November 2019. Hingga hari Jumat (15/11) sebanyak 1.095 orang telah mendaftar di Kementerian ESDM dan 302 orang telah melakukan submit dokumen.

Sebagai penutup Nur menegaskan untuk tidak menggunakan jasa calo dan memalsukan sertifikat apapun dalam dokumen yang di-submit. "Penerimaan CPNS tidak ada calo dan tidak ada dipungut biaya sedikitpun dan memang kita sudah dua tahun ini hasil tiap tahapan ditampilkan secara real time," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5153 seconds (0.1#10.140)