Hadapi Fintech, BRI Institute Siapkan SDM Unggul

Selasa, 19 November 2019 - 21:29 WIB
Hadapi Fintech, BRI Institute Siapkan SDM Unggul
Hadapi Fintech, BRI Institute Siapkan SDM Unggul
A A A
JAKARTA - Dalam rangka menghadapi persaingan dengan teknologi finansial (tekfin) atau financial technology (fintech), Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute) mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) professional muda yang handal. SDM tersebut disiapkan untuk mampu menghadapi perubahan dan perkembangan di dunia perbankan dengan sangat cepat.

“Kita harus memiliki sumber daya manusia dengan keterampilan dan pengetahuan yang mampu menghadapi perubahan dan perkembangan,” kata Rektor BRI Institute, Dana Santoso Saroso dalam Dies Natalis Ke-1 BRI Institute, Selasa (19/11/2019).

Diketahui bahwa saat ini perkembangan teknologi terjadi dengan sangat cepat dan pesat. Bahkan pada tatanan ekonomi dunia berubah sangat cepat sehingga hal ini berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat. Kondisi ini membuat pihak perbankan harus memiliki SDM yang mumpuni. “ Oleh karena itu, dibutuhkan lembaga pendidikan yang sejalan dengan perkembangan teknologi dan sosial ekonomi yang terjadi,” ucapnya.

Dikatakan olehnya, BRI melalui Yayasan Brilian Indonesia Gemilang terpanggil untuk mempersiapkan kaum muda yang mampu menghadapi semua perubahan dan tantangan tersebut, dan tepat satu tahun yang lalu telah didirikan Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute).

Selain itu, saat dies natalis ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bank BRI dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology) di bawah payung MIT Industrial Liaison Program, serta penandatanganan nota kesepakatan kerja sama BRI Institute dengan Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech). “Dengan ditandatanganinya dua dokumen tersebut, maka akan memperkuat keberadaan BRI Institute sebagai fintech university,” katanya.

BRI Institute juga menyelenggarakan seminar dan diskusi bertemakan Keuangan dan Teknologi dengan judul “From a Global Microfinance Pioneer to a Leading Human Capital in Financial Technology”. Para pembicara berasal dari tiga unsur yang terkait dengan fintech dan perkembangannya, yaitu unsur regulator, praktisi dan akademisi.

Sejarah panjang Bank BRI berkiprah di industri perbankan dan telah sukses menggerakkan ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan UMKM khususnya melalui sektor keuangan mikro, dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi pada sektor keuangan. Pada acara des natalis, 18 Nopember 2019 ini, BRI Institute sekaligus mendeklarasikan sebagai “The First Fintech University in Indonesia”.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8923 seconds (0.1#10.140)