Jokowi Ibaratkan Kondisi Ekonomi Global Seperti Film Cast Away

Kamis, 28 November 2019 - 21:17 WIB
Jokowi Ibaratkan Kondisi...
Jokowi Ibaratkan Kondisi Ekonomi Global Seperti Film Cast Away
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia menggelar pertemuan tahunan di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11/2019) malam. Dalam pertemuan ini, Presiden Joko Widodo kembali menegaskan kondisi ketidakpastian ekonomi global yang bisa mengancam perekonomian Indonesia.

Jokowi mengibaratkan kondisi ketidakpastian ekonomi global tersebut seperti film Cast Away. Film keluaran tahun 2001 yang diperankan oleh Tom Hanks, mengisahkan sebuah pesawat yang jatuh ke sebuah pulau. Chuck Noland, tokoh dalam film tersebut, bertekad diri bertahan hidup ditengah kesusahan yang dialami.

Menurut Jokowi, film Cast Away hampir persis dengan kondisi perekonomian global sekarang. Masing-masing negara melakukan beragam cara untuk bisa bertahan dari tekanan global.

Jokowi mengatakan ada tiga nilai yang bisa diadaptasi dari film Cast Away. Pertama adalah tekad bertahan, bagaimana harus bisa bertahan ditengah kesulitan yang datang.

"Jadi kita harus mampu bertahan ditengah kesulitan. Sebagai negara, kita harus mampu bertahan agar perekonomian tetap tumbuh meski ekonomi global masih gonjang-ganjing," ujarnya.

Kedua, harus mencari sumber-sumber baru untuk mendukung dirinya ahar tetap bisa bertahan hidup. Dalam kaitannya dengan perekonomian, sebagai negara harus bisa mencari inovasi-inovasi baru untuk bisa dijual ke negara lainnya.

"Kita harus mampu mencari sumber-sumber baru untuk mendukung dalam upaya bertahan hidup," ucapnya.

Terakhir adalah bagaimana harus tetap optimis dalam menghadapi berbagai tantangan. Begitu juga kaitannya dengan perekonomian.

Menurut Jokowi, jangan sampai jika ada tekanan eksternal selalu pesimis. Menurutnya, ucapan pesimisme tersebut justru tidak akan menyelesaikan masalah sama sekali.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)