Menkop dan UKM Teten Masduki Dorong Warung Pintar Naik Kelas

Rabu, 04 Desember 2019 - 03:14 WIB
Menkop dan UKM Teten Masduki Dorong Warung Pintar Naik Kelas
Menkop dan UKM Teten Masduki Dorong Warung Pintar Naik Kelas
A A A
JAKARTA - Menkop dan UKM Teten Masduki mengapresiasi inisiatif Warung Pintar yang mampu mengangkat gengsi warung tradisional untuk naik kelas dengan memberikan sentuhan digital pada warung-warung tersebut. Warung Pintar juga siap bekerjasama dengan Kemenkop dan UKM dalam upaya meningkatkan daya saing UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang merupakan pelaku usaha mayoritas di negeri ini.

“Kami tadi melaporkan berbagai upaya dan inisiatif Warung Pintar dalam dua tahun terakhir sejak didirikan 2017 lalu dalam membangun teknologi untuk empowering atau penguatan warung-warung tradisional guna meningkatkan daya saing mereka,” ujar Teten di Jakarta, Selasa (3/12).

Menkop dan UKM Teten Masduki men-support ide-ide yang sudah dilakukan Warung Pintar, dan selanjutnya akan mensinergikan ide-ide dan inisiatif Kemenkop dan UKM dalam meningkatkan daya saing UMKM.

“Pada 14-15 Desember 2019 nanti Warung Pintar bersama tokopedia akan menggelar Festival Gerakan Warung Nasional di Lapangan Banteng Jakarta, dan kami sekaligus mengundang Bapak Menteri untuk menghadiri dan memberikan sambutan pada acara tersebut, Alhamdulullah beliau bersedia,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Co Founder Warung Pintar Harya Putra mengatakan, berdirirnya Warung Pintar dilatarbelakangi, eksistensi warung tradisional yang banyak kalah bersaing dengan ritel modern. Banyak hal menjadi pemicu, seperti tak sanggup bersaing dengan jaringan ritel modern semacam minimarket.

“Modernisasi warung dengan menerapkan teknologi bisa menjadi salah satu solusi untuk mempertahankan eksistensi warung sekaligus mengembangkan bisnis atau usaha, dan terbukti pendapatan Warung Pintar bisa meningkat sampai 80% dibanding sebelum mereka (warung-arung tradisional) itu masuk dalam jaringan Warung Pintar," paparnya.

Menurut Harya, kini Warung Pintar telah memiliki jaringan mitra lebih dari 3.500 mitra yang tersebar di Jabodetabek kecuali Bogor. Jaringan Warung Pintra juga sudah merambah Surabaya & Banyuwangi. Pada 2020, kami menargetkan memperluas jaringan sampai 5.000 mitra khususnya di pulau Jawa. Kami membuktikan bahwa, teknologi digital bisa dimanfaatkan secara sederhana bahkan oleh ibu-ibu dengan hanya mendirikan warung,” kata Harya.

Sambung dia menerangkan, Warung Pintar telah secara signifikan membantu mendorong pendapatan pemilik kios hingga mengalami kenaikan yang signifikan, setelah mengadopsi sistem yang mereka miliki.

Dengan menerapkan manajemen bisnis yang tepat, kios sekarang memiliki laporan keuangan yang bisa membantu mereka mendapatkan pinjaman modal untuk pengembangan usaha. "Warung Pintar akan terus berinovasi untuk menciptakan lebih banyak produk yang bisa meningkatkan kemampuan bisnis pemilik warung," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7051 seconds (0.1#10.140)