Suku Bunga Ditahan Bisa Gairahkan Pertumbuhan Kredit

Kamis, 19 Desember 2019 - 17:28 WIB
Suku Bunga Ditahan Bisa Gairahkan Pertumbuhan Kredit
Suku Bunga Ditahan Bisa Gairahkan Pertumbuhan Kredit
A A A
JAKARTA - Langkah Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga acuan dinilai sudah sangat tepat. Hal itu diyakini dapat menggairahkan pertumbuhan kredit perbankan.

"BI memang sebaiknya menahan suku bunga untuk memberikan waktu bagi perbankan merespons dulu penurunan suku bunga dan juga pelonggaran GWM yang sudah diambil oleh BI sepanjang tahun 2019," ungkap Ekonom CORE Piter Abdulah di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Mneurut dia, penurunan suku bunga kredit sejauh ini memang masih sangat terbatas. Dengan ditahannya suku bunga di level 5% maka BI akan memiliki ruang pada tahun depan untuk menurunkan suku bunga. "Jadi BI memang sebaiknya menahan suku bunga," ujar Piter.

Seperti diberitakan sebelumnya, BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada level 5% serta suku bunga Deposit Facility sebesar 4,25% dan suku bunga Lending Facility 5,75%. Keputusan ini diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang berlangsung 18-19 Desember 2019.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan bank sentral mempertahankan suku bunga sejalan dengan inflasi yang rendah. Kebijakan moneter tetap akomodatif dan konsisten dengan prakiraan inflasi yang terkendali dalam kisaran sasaran, stabilitas eksternal yang terjaga, serta upaya untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah perekonomian global yang melambat.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3854 seconds (0.1#10.140)