PLTA Kayan Hydro Energy Sokong Kebutuhan Listrik KIPI Tanang Kuning

Senin, 23 Desember 2019 - 12:06 WIB
PLTA Kayan Hydro Energy Sokong Kebutuhan Listrik KIPI Tanang Kuning
PLTA Kayan Hydro Energy Sokong Kebutuhan Listrik KIPI Tanang Kuning
A A A
TARAKAN - Pembangunan PLTA Kayan Hydro Energy di Kecamatan Peso, Bulungan, Kalimantan Utara diyakini bakal memenuhi kebutuhan listrik Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning. Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, Presiden Jokowi antusias dengan progres pembangunan proyek PLTA Kayan Hydro Energy ini.

Bahkan, Presiden Jokowi juga meninjau lokasi titik pembangunan Bendungan II PLTA Kayan Hydro Energy. Padahal di dalam jadwal, presiden direncanakan cuma melihat titik pembangunan Bendungan I PLTA Kayan Hydro Enegy. "Setelah dari lapangan tadi, setelah beliau (Presiden) melakukan kunjungan dengan heli dari udara, beliau sangat antusias, dan senang karena ada progres dari lapangan," kata Irianto, Jumat (19/12).

Irianto menambahkan, Presiden menegaskan, manfaat dari pembangunan PLTA ini akan sangat besar sekali. Tak hanya untuk kesejahteraan masyarakat Kaltara. Namun juga bangsa Indonesia. Karena PLTA ini akan terintegrasi dengan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning. "Pak Jokowi bilang, ini (PLTA) pengaruhnya akan sangat besar sekali. Besar sekali. Untuk itu beliau minta untuk ada percepetan dimulainya pembangunan,” kata Irianto.

Irianto mengatakan, dimulainya pembangunan konstruksi bendungan tinggal menunggu keluarnya izin konstruksi dari Kementerian PUPR. “Presiden sudah memerintahkan kepada Menteri PUPR untuk membantu percepatan keluarnya izin. Insya Allah 2020 sudah bisa dimulai,” tegasnya.

KIPI, yang dikelola PT Indonesia Strategis Industri (ISI) akan menggunakan 10.100 hektare lahan. Nantinya kawasan ini akan berisi beberapa sektor industri di antaranya, dan menghadirkan smelter nikel, baja dan alumunium.

Selain itu, pabrik industri otomotif juga akan hadir di sana. Kawasan ini akan mendukung ekspor dan impor karena akan dibuatkan pelabuhan internasional juga. Sesuai dengan perencanaan dari PLN, KIPI membutuhkan 800 megawatt, kebutuhan ini yang akan disuplai dari PLTA Kayan Hydro Energy Bendungan I yang rencananya berjalan pada 2024.

Direktur Operasional Kayan Hydro Energy, Khaerony menerangkan, saat ini proses pembangunan PLTA Kayan Hydro Energy dalam tahap pembangunan Infrastruktur penunjang. Pembangunan infrastruktur penunjang ini meliputi kantor, mess, warehouse dan jalan. Proses ini sudah berjalan selama dua bulan.

Menurut dia, proses pembangunan infrastruktur penunjang sudah berjalan selama dua bulan terakhir ini. Pengerjaannya bukan tanpa kendala. Dari total kebutuhan jalan 20 km, pembangunan baru mencapai 4,5 km. “Hambatannya karena ada gunung batu yang mesti dilakukan peledakan untuk pembangunan jalannya,” jelasnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4569 seconds (0.1#10.140)