BSD Link Permudah Akses Kawasan BSD City

Rabu, 08 Januari 2020 - 10:17 WIB
BSD Link Permudah Akses Kawasan BSD City
BSD Link Permudah Akses Kawasan BSD City
A A A
JAKARTA - KAWASAN Intermoda BSD City mulai beroperasi pada awal 2019 dengan fasilitas berupa Stasiun Cisauk, Terminal BSD Link,dan Pasar Modern Intermoda.

Kawasan Intermoda BSD City menghubungkan transportasi dari dalam dan luar BSD City melalui kereta listrik dan transportasi dalam wilayah BSD City dengan shuttle bus gratis BSD Link yang menghubungkan beberapa lokasi penting di BSD City. Setiap armada BSD Link berukuran medium dengan kapasitas 27 kursi serta 20 hanggrip sehingga dapat membawa 47 penumpang.

Sejak beroperasi pada medio 2018, BSD Link telah melayani 71.000 penumpang per bulannya. Operasional bus gratis ini memiliki total 14 armada dengan jadwal lintas yang teratur. BSD Link memiliki enam rute harian, termasuk Intermoda-De Park, Greenwich Park-Sektor 1.3, Intermoda-Vanya Park, Sinar Mas Land Plaza-ITC BSD, TheBreeze-Aeon-ICE, dan beberapa rute lain yang beroperasi pada hari kerja. Rute-rute tersebut memudahkan warga BSD City dalam bertransportasi sehari-hari, baik untuk bekerja maupun rekreasi.

“Dengan BSD Link, penghuni dan pengunjung akan lebih nyaman menggunakan kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi dan dampaknya akan mengurangi kemacetan,” ujar Panji Himawan, Corporate Communication & Public Affair Division Head Sinar Mas Land.

Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa yang berkuliah di kampus di BSD City. Jeanette Natasha, mahasiswi Universitas Katholik Atma Jaya BSD City, menyatakan, berkendara di BSD City sangat mudah. “Dari kampus BSD City, saya bisa bepergian gratis dengan BSD Link ke Aeon Mall dan The Breeze untuk hang out , bisa juga lihat pameran di ICE. Walaupun beberapa kuliah masih diadakan di Kampus Semanggi, Jakarta, saya tidak merasa kesulitan bepergian kesana karena bisa berkendara dengan mudah naik kereta commuter line melalui Intermoda BSD City,” ujarnya.

Hal ini diamini Jonathan, mahasiswa Prasetiya Mulya Business School. “BSD Link memudahkan saya pergi ke kampus dan kerja paruh waktu di Aeon Mall. Kepastian jadwal shuttle bus gratis ini memberi saya ketepatan waktu dan disiplin, baik dalam belajar maupun bekerja,” ungkapnya.

Panji mengutarakan,Integrasi Terminal BSD Link kekawasan Intermoda BSD City merupakan bagian dari transformasi BSD City untuk menjadi the first integrated smart digital city . Percepatan dan kemudahan mobilitas atau perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya ini menjadi salah satu fokus pihaknya dalam pengembangan smart city.

“Kawasan Intermoda BSD City ini dirancang untuk memudahkan mobilitas wargayang tinggal di kawasan BSD City dan sekitarnya menuju Jakarta atau sebaliknya. Masyarakat yang ingin menggunakan BSD Link dapat menunggu di sejumlah halte bus di kawasan BSD City,” ujarnya.

Di sisi lain, dalam transformasinya sebagai the first integrated smart digital city, BSD City dilengkapi fasilitas mulai rumah sakit berstandar internasional Eka Hospital, berbagai sekolah dan perguruan tinggi bergengsi, hingga kawasan bisnis dan perkantoran, AEON Mall BSD City dan Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Lalu lintas di BSD City juga diawasi dengan surveillance system yang dipantau dari Command Centre. Hal ini membantu meminimalisasi kemacetan sehingga konduktivitas lalu lintas dapat selalu terjaga. Sinar Mas Land juga memiliki BSD Link, shuttle bus gratis yang menghubungkan berbagai landmarks dan fasilitas utama di BSD City. Saat ini jadwal bus BSD Link dapat dilihat di http://bsdcity.com/facilities/transportation.

Sejak awal 2019, BSD City juga bekerja sama dengan Grab untuk memberikan mobilitas lebih nyaman bagi warganya.Grab Innovation and Engineering Lab yang berkantor di BSD City akan menjalankan metode pemetaan daerah, mengembangkan personal mobility devices (PMD) dan berbagai aktivitas lainnya.Kemudahan berkendara dari/ke BSD City dapat dinikmati dengan beragam akses seperti tol JORR, tol Kebon Jeruk, dan tol Kunciran-Serpong yang merupakan bagian dari JORR W2. Ketiga akses tol ini terhubung dengan berbagai jalan tol di Pulau Jawa. (M Ridwan)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4302 seconds (0.1#10.140)