Penggunaan Konstruksi Baja Ringan dan Kayu untuk Tahan Gempa

Sabtu, 11 Januari 2020 - 11:05 WIB
Penggunaan Konstruksi Baja Ringan dan Kayu untuk Tahan Gempa
Penggunaan Konstruksi Baja Ringan dan Kayu untuk Tahan Gempa
A A A
ROBOHNYA bangunan, selain karena faktor internal seperti kualitas bahan bangunan dan perawatan, juga faktor eksternal atau alam. Satu contoh, bencana alam tentu tidak dapat dihindarkan, namun sesungguhnya bangunan dapat dicegah agar tidak roboh dan dapat meminimalisir jumlah korban.

Selama ini yang menyebabkan banyaknya korban luka maupun meninggal adalah akibat tertimpa dinding dan plafon rumah. Secara teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) sudah memiliki gagasan mengenai rumah tahan gempa sesuai Peraturan Menteri (Permen) RSH 403 Tahun 2002 dan Permen IMB Nomor 5 Tahun 2016. Bahkan, salah satu produk KemenPUPR untuk memenuhi program Satu Juta Rumah pada 2019 adalah Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang sudah tahan gempa.

Kepala Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Kemen PUPR, Yuri Hermawan Prasetyo mengatakan, RISHA rumah tahan gempa harus memiliki struktur kuat dengan panel dari beton bertulang dan sistem knockdown. Sehingga, dapat dibangun hanya dengan menyusun panel-panel beton ini menggunakan baut. Uniknya, panel-panel ini dapat dibongkar pasang layaknya bermain lego. Ketika berencana merenovasi hunian, panel-panel yang ada dapat disusun ulang sesuai keperluan warga.

Kemen PUPR juga sudah membangun RISHA untuk daerah perbatasan dan wilayah rawan bencana seperti di Aceh dan Sinabung. "Kami juga sudah banyak sosialisasi dan desiminasi serta banyak pelatihan terkait beberapa teknologi rumah tahan gempa baik yang konvensional maupun pracetak," ujarnya.

Yuri menambahkan, tipe rumah tahan gempa yang cocok dengan wilayah di Indonesia sebetulnya perlu disesuaikan kembali dengan kondisi kerawanan gempa di daerah. Namun, Yuri mengingatkan, teknologi masa kini juga dapat juga mengakomodasi teknologi rumah tradisional yang sudah terbukti andal dalam beradaptasi dengan bencana gempa karena sudah teruji melaui akumulasi waktu yang panjang. Misalnya, rumah panggung kayu, rumah Honai di Papua.

Pakar Konstruksi dari Rumah Prefab, Martius Wijayanto menjelaskan, dalam membangun sebuah hunian di daerah rawan gempa idealnya memiliki konsep bangunan yang mampu bertahan dari goncangan, pergerakan tanah, atau gempa bumi. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam merencanakan konsep tahan gempa, yaitu beban bangun yang ringan sehingga tidak menimbulkan reaksi gaya yang besar terhadap struktur saat terkena goncangan gempa.

"Tentu ini tanpa mengesampingkan dalam perhitungan struktur pembebanan seperti beban mati, beban hidup, beban angin, beban gempa, dan beban kombinasi," ujarnya.

Salah satu material yang dapat digunakan untuk konstruksi bangunan tahan gempa adalah menggunakan struktur baja ringan atau konsep wallframing yang berbeda dengan bangunan konvensional. Konsep wallframing memiliki perhitungan konkret dengan menggunakan material baja ringan yang telah teruji kekuatannya dan memiliki kelebihan dalam proses konstruksi yang mudah dan cepat.

Selain menggunakan baja ringan, konstruksi menggunakan kayu juga dapat membuat rumah tahan gempa. Namun, ada cara khusus yang membuat kayu lebih kuat. Kayu harus disusun dengan cara CLT (Cross Laminated Timber).

Beberapa lapisan papan kayu potongan ditumpuk melintang 90 derajat dan direkatkan dengan dimensi ukuran yang dapat disesuaikan ukuran kebutuhan. Kayu-kayu tersebut direkatkan dengan lem khusus kemudian diikat dengan braket baja. Selain lem juga dapat menggunakan paku ulir atau paku kayu, untuk dapat menggabungkan setiap kayu sehingga tampak serupa dengan struktur kayu lapis dengan lapisan yang lebih tebal.

Wira Pradana pemilik Gwoods CLT House menjelaskan, CLT merupakan teknologi yang sudah ada sejak 1990-an dan berkembang di Eropa, Jepang Australia. Di Indonesia untuk diterapkan menjadi rumah mulai dikembangkan pada 2016. Melalui banyak riset dengan membuat rumah contoh, dites dengan beberapa kejadian gempa di Indonesia, diuji di laboratorium, hingga pada 2019 mulai dikomersialisasikan.

"Intinya inovasi ini menggantikan batu bata dengan kayu yang disusun dengan menggunakan teknologi CLT. Untuk finishing luarnya bebas disesuaikan dengan keinginan," tutur Wira.

Kayu yang digunakan juga sudah dikeringkan untuk menghilangkan kadar air. Jenisnya pun dipilih yang tidak disukai rayap. Wira menambahkan, biasanya dirinya menggunakan kayu Jabon. Keunggulan lain rumah yang dibangun dengan kontsruksi kayu akan membuat penghuninya nyaman. Pada musim dingin kayu dapat menghangatkan sebaliknya jika cuaca panas kayu dapat membuat dalam rumah adem.

Wira mengaku, hampir setahun sejak mulai dijual kepada umum sudah banyak pesanan dari perorangan maupun perumahan di kawasan Karawang hingga dari pemerintah untuk penggantian korban gempa di Lombok. (Ananda Nararya)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3457 seconds (0.1#10.140)