Pelindo III Raih Tujuh Penghargaan Penerapan K3

Selasa, 14 Januari 2020 - 17:10 WIB
Pelindo III Raih Tujuh Penghargaan Penerapan K3
Pelindo III Raih Tujuh Penghargaan Penerapan K3
A A A
SURABAYA - Mengawali peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2020, Pelindo III berpartisipasi dalam Apel Pembukaan Bulan K3 Nasional Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur yang digelar di Lapangan Kawasan SIER, Surabaya.

Apel yang mengusung tema "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 Pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi" ini dipimpin langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan diikuti berbagai instansi dan perusahaan di Jawa Timur.

Peringatan Bulan K3 tahun ini merupakan peringatan ke-50 sejak diterbitkannya Undang Undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Kegiatan diselenggarakan mengacu pada Kepmenaker RI Nomor 328 tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2020.

Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa pentingnya pemahaman serta penerapan K3 secara berkelanjutan untuk meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

"Dalam agenda peningkatan kualiatas SDM perlu pemahaman K3 yang komperhensif terutama bagi SDM di perusahaan, mungkin bagi perusahaan-perusahaan yang masuk dalam kategori world class company seperti Pelindo III, Angkasa Pura, barangkali K3 sudah relatif lebih established, tapi kita harus terus berbenah karena berbagai adaptasi dan adjustment terhadap perubahan dan inovasi teknologi tetap harus kita ikuti updating-nya," ujar Khofifah.

Dalam rangkaian apel tersebut juga diberikan penghargaan kepada 40 perusahaan yang telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan baik. Adapun Pelindo III Group mendapat 7 penghargaan sekaligus yakni penghargaan Zero Accident pada Unit Kantor Pusat Pelindo III, Pelabuhan Tanjung Perak Regional Jawa Timur, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI), PT Terminal Teluk Lamong (TTL), PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), serta penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS untuk PT Pelindo Husada Citra (PHC).

Sementara itu, Direktur SDM Pelindo III Toto Heli Yanto menjelaskan bahwa penghargaan ini adalah bukti bahwa sebagai BUMN, Pelindo III telah mampu menerapkan K3 dengan baik.

"Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang kami terima hari ini, penerapan K3 di Pelindo III saat ini sudah berjalan dengan baik dan semoga penghargaan ini mampu melecut semangat kami untuk terus secara konsisten meningkatkan SMK3 di berbagai wilayah kerja kami," tandas Toto.

Saat ini sebagai penyedia layanan operasional terminal bongkar muat di pelabuhan, Pelindo III terus berkomitmen untuk menerapkan SMK3. Seluruh potensi bahaya yang ada berhasil dikendalikan sampai batas standar aman, sehingga akan tercipta kondisi kerja yang nyaman, aman dan sehat agar proses bisnis dapat berjalan lancar.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6044 seconds (0.1#10.140)