Hutan Kalimantan Masuk 7 Ekowisata Andalan ASEAN

Jum'at, 17 Januari 2020 - 13:50 WIB
Hutan Kalimantan Masuk 7 Ekowisata Andalan ASEAN
Hutan Kalimantan Masuk 7 Ekowisata Andalan ASEAN
A A A
BANDAR SERI BEGAWAN - Para menteri dan wakil menteri pariwisata se-ASEAN sepakat menyetujui keberlanjutan studi untuk merealisasikan peta jalan tujuh klaster ekowisata dan koridor pariwisata andalan.

Ketujuh klaster dan koridor tersebut adalah Ekowisata Hutan Hujan Kalimantan (Heart of Borneo Rainforest Ecotourism), Koridor Wisata Pesiar (Sea Cruise), Kluster Wisata Mekong Utara-Selatan, Mekong/Irrawady River Tourism Corridor, Koridor Pariwisata Kota ASEAN (ASEAN Pass), Coral Triangle Marine Ecotourism Cluster dan Rail Tourism Corridor.

Kesepakatan ini merupakan hasil pertemuan tahunan para menteri dan wakil menteri pariwisata se-Asia Tenggara dalam ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, sepanjang pekan ini.

Chairman ATF 2020, Menteri Pariwisata Brunei Dato Ali Apong menekankan, inisiatif ini perlu dukungan bersama dan sinergi lintas sektor agar menjadi prioritas. Termasuk dalam mengampanyekan kepedulian kalangan muda untuk terlibat aktif mengembangkan kepariwisataan yang ramah lingkungan. "Peta jalan ekowisata ini pun (plus agrowisata) diharapkan dapat membuka lebih banyak lagi lapangan kerja di ASEAN," katanya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1466 seconds (0.1#10.140)