Dorong Kemandirian Pertanian, Mentan Gelontorkan KUR Rp34 Triliun

Senin, 27 Januari 2020 - 12:29 WIB
Dorong Kemandirian Pertanian, Mentan Gelontorkan KUR Rp34 Triliun
Dorong Kemandirian Pertanian, Mentan Gelontorkan KUR Rp34 Triliun
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan akan terus mendorong peningkatan sektor pertanian di Indonesia. Pasalnya, sektor pertanian berperan penting dalam upaya menjadikan Indonesia negara maju.

Dalam rangka memajukan sektor pertanian, pemerintah akan menggelontorkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp1 triliun per propinsi. Artinya, jika ditotal 34 provinsi di Indonesia akan mendapatkan KUR sebanyak Rp34 triliun.

"Mau diapakan dana KUR itu? Hal ini jadi modal awal untuk sektor pertanian," ujarnya di sela Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2020 di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Menurut Syahrul, sektor pertanian tidak boleh dibiarkan dalam kondisi kurang atau terpuruk. Pertanian Indonesia harus maju dalam posisi yang modern serta berkontribusi besar dalam penguatan ekonomi negara.

"Modern adalah bagian dari hidup besok. Tidak bisa lagi mengandalkan pertanian dengan kerbau. Jadi, semuanya pakai teknologi," jelasnya.

Dia pun melanjutkan, Kabinet Indonesia Maju ini akan mendorong kemandirian di sektor pertanian. Untuk itu, akan dilakukan koordinasi dengan beberapa daerah agar bisa membuat sektor pertanian lebih mandiri.

"Indonesia harus menjadi kuat karena kita punya sektor pertanian yang luar biasa. Negara tropis yang semua lahannya bisa ditanami," pungkasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5471 seconds (0.1#10.140)