Kemenkes: Pasokan Masker Corona Masih Banyak di Indonesia

Selasa, 04 Februari 2020 - 13:38 WIB
Kemenkes: Pasokan Masker Corona Masih Banyak di Indonesia
Kemenkes: Pasokan Masker Corona Masih Banyak di Indonesia
A A A
JAKARTA - Meningkatnya permintaan masker N95 buatan Indonesia oleh China, memberi kabar bahwa pasokan masker ini menjadi langka di Indonesia. Kabar tersebut dibantah oleh Kementerian Kesehatan. Kemenkes bahkan memastikan pasokan masker corona masih tersedia banyak di Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dokter Weindra Waworuntu, mengatakan Kemenkes memiliki banyak pasokan masker khusus corona yakni masker N95.

"Kami (Kemenkes) masih memiliki banyak pasokan masker N95, jadi enggak usah khawatir bahwa pasokan masker akan langka di Indonesia," ujar Weindra di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Weindra menerangkan, meski China banyak membeli masker N95 buatan Indonesia, namun ketersediaan masker ini untuk kebutuhan dalam negeri memang sudah dipersiapkan oleh Kemenkes. Pasokan masker ini ditujukan untuk menanggulangi bencana, virus maupun penyakit menular lainnya.

"Pasokan masker masih banyak. Ini juga bisa dipakai untuk yang enggak sakit seperti ada kabut asap dan lainnya. Kita juga siapkan untuk mencegah penularan penyakit di Indonesia seperti TBC yang harus ditangani," jelasnya.

Selain masker, kata dia, rumah sakit di Indonesia yang sudah dirujukan menangani virus corona, sudah memiliki perlengkapan dan sumber daya manusia yang sesuai dengan standar badan kesehatan dunia (WHO).

"Jadi ini yang kita perlu garisbawahi bahwa sekarang ini, rumah sakit yang ditunjuk pemerintah dalam menangani virus corona sudah dilengkapi perlengkapan kesehatan dan SDM sesuai standar WHO," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3619 seconds (0.1#10.140)