AP I Setop Penerbangan ke China di Tiga Bandara, Ini Rinciannya

Rabu, 05 Februari 2020 - 23:08 WIB
AP I Setop Penerbangan ke China di Tiga Bandara, Ini Rinciannya
AP I Setop Penerbangan ke China di Tiga Bandara, Ini Rinciannya
A A A
JAKARTA - Penyebaran virus Corona juga diantisipasi pada bandara-bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (AP I) dengan menutup sementara penerbangan dari dan ke China per hari ini, Rabu (5/2/2020). Bandara Angkasa Pura I yang melayani rute dari dan ke China pada 2020 ini yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (scheduled flights), Bandara Sam Ratulangi Manado (chartered flights) serta Bandara Adi Soemarmo Solo (chartered flight).

Direktur Utama PT AP I Faik Fahmi mengatakan, penghentian sementara operasional penerbangan dari dan ke China dilakukan berdasarkan kebijakan pemerintah. “Ini sesuai dengan arahan bapak Presiden RI dan kita sudah melakukan penutupan penerbangan untuk sementara waktu. Namun begitu kami tetap mengutamakan aspek hospitality melayani penumpang, termasuk bagi penumpang yang melakukan rescheduling tiket penerbangan,” ujar Fahmi di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Faik juga menegaskan bahwa pihaknya meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan kementerian terkait dan pemerintah daerah setempat. Total terdapat 158 flights dari dan ke China yang ditutup sementara di tiga bandara Angkasa Pura I tiap pekannya. Adapun rincian jumlah penerbangan yang ditutup sementara, yaitu:

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Jumlah cancel flights dalam seminggu: 125 flights/ minggu dari 22 destinasi di China. Jumlah maskapai dengan rute dari dan ke China: 7 maskapai yaitu:
1. China Eastern (14 flights/ minggu)
2. China Southern (10 flights/ minggu)
3. Citilink (11 flights/ minggu)
4. Lion Air (29 flights/ minggu)
5. Xiamen Air (14 flights/ minggu)
6. Garuda Indonesia (22 flights/ minggu)
7. Sriwijaya Air (25 flights/ minggu)

Bandara Sam Ratulangi Manado:

- Jumlah cancel flights dalam seminggu: 28 flights/ minggu dari 10 destinasi
- Jumlah maskapai dengan rute dari dan ke China: 5 maskapai yaitu:
1. China Southern (3 flights/ minggu)
2. Citilink (4 flights/ minggu)
3. Lion Air (15 flights/ minggu)
4. Sriwijaya Air (2 flights/ minggu)
5. Xiamen Air (4 flights/ minggu)

Bandara Adi Soemarmo Solo

Sejak 30 Januari 2020, di Bandara Adi Soemarmo Solo telah dihentikan sementara chartered flight seminggu sekali dari dan ke China (Kunming). Pada 29 Januari telah dilakukan pemulangan wisman rute Solo-Kunming sebanyak 174 penumpang pukul 18.45 WIB.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5246 seconds (0.1#10.140)