Kementerian Keuangan Kenang JB Sumarlin Sebagai Begawan Ekonomi

Kamis, 06 Februari 2020 - 18:19 WIB
Kementerian Keuangan Kenang JB Sumarlin Sebagai Begawan Ekonomi
Kementerian Keuangan Kenang JB Sumarlin Sebagai Begawan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawato, beserta jajaran Kementerian Keuangan menyatakan berduka cita atas meninggalnya Menteri Keuangan Kabinet Pembangunan V, Johannes Baptista Sumarlin (87 tahun), pada Kamis (6/2/2020) pukul 14.15 WIB di Rumah Sakit Carolus, Jakarta.

"Kami belajar banyak pada komitmen dan loyalitas beliau kepada Indonesia. Beliau tidak segan-segan terjun langsung membela tanah air sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia. Beliau pun mengalami langsung bergerilya sebagai anggota Palang Merah Indonesia di masa revolusi fisik," ujar Kepala Biro Komunikasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Menurutnya, selama ini JB Sumarlin mengabdi sebagai bendahara negara serta melakukan sejumlah terobosan untuk mengatasi tantangan dan permasalahan ekonomi Indonesia.

"Gebrakan Sumarlin I berupa pengetatan moneter berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7%, bahkan melebihi target di tahun 1988 sebesar 5%. Sementara itu, Gebrakan Sumarlin II di tahun 1992 mampu menurunkan laju inflasi menjadi 4,9%," jelasnya.

Sebagai informasi, atas torehan prestasinya, JB Sumarlin meraih penghargaan Menteri Keuangan terbaik tahun 1989 oleh Euromoney dan tahun 1990 oleh Majalah Asia.

JB Sumarlin juga pemegang anugerah Bintang Mahaputra Adiprana III dari Presiden Soeharto di tahun 1973, serta Bintang Grootkruis in de Orde van Leopold II dari pemerintah Belgia tahun 1975.

Sampai di pengujung usianya, JB Sumarlin masih aktif menyumbangkan pemikiran terhadap ekonomi Indonesia. Beliau meyakini bahwa nilai-nilai dan kearifan Indonesia perlu diterapkan secara langsung pada sistem ekonomi kita, serta bahwa sektor-sektor strategis perlu dikuasai negara untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemamkmuran rakyat.

Beliau adalah begawan ekonomi dan pejuang bangsa yang telah memberi terang pada masa-masa sulit Indonesia. Jasanya akan selalu dikenang, dan baktinya akan menjadi inspirasi seluruh bangsa. Sebagai penjaga keuangan negara, kami akan meneruskan fondasi yang telah dibangun beliau bersama para pendahulu, untuk membangun pilar-pilar pelayanan kepada rakyat.

"Dengan rasa duka yang mendalam, keluarga besar Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya JB Sumarlin," katanya.

Jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam, Semanggi dan menurut rencana, akan dimakamkan di San Diego Hills pada Senin, 10 Februari 2020.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4263 seconds (0.1#10.140)