SEAM Group Ekspansi Bisnis ke Jerman dan Singapura

Selasa, 18 Februari 2020 - 17:31 WIB
SEAM Group Ekspansi Bisnis ke Jerman dan Singapura
SEAM Group Ekspansi Bisnis ke Jerman dan Singapura
A A A
JAKARTA - SEAM Group (Sumber Energi Alam Mineral) semakin memantapkan posisi dan percaya diri untuk go international. Setelah ekspansi ke Timur Tengah dan Malaysia kini SEAM Grup ekspansi ke Singapura dan Jerman. Kali ini kerjasama dengan Destini Singapura melalui pembelian 55% saham miliknya. Penandatanganan kesepakatan akuisisi saham dilakukan oleh Jangkung Suwarno mewakili anak perusahaan SEAM (PT Berkah Sadaya Adhikarya) dengan CEO Destini Mr. Ismael pada hari Senin, 17 Februari 2020 di Westin Hotel Jakarta.

Akuisisi saham mayoritas Destini merupakan langka strategis untuk mengembangkan beberapa lini usaha yang telah dimiliki sebelumnya seperti bisnis power plant, tongkang dan batubara. Untuk menunjang dan mendongkrak kerjasama yang dimaksud dilakukan penandatanganan kontrak antara Destini Armada dengan PT. Bahtera Sentosa Bersama, salah satu anak perusahaan SEAM Group yang lain berkaitan dengan pembelian 10 unit tongkang guna mendukung transportasi pengangkutan batubara milik anak-anak perusahaan SEAM Group yang tersebar di Palu, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Bengkulu dan Jambi.

Program lainnya adalah pengembangan terminal khusus Batubara milik anak perusahaan SEAM Group yakni PT. Muara Badak Perkasa beserta infrastruktur pendukung seperti conveyor, pengerukan sungai dan pengadaan 3 buah mother vetssel untuk melayani transportasi pengiriman batubara ke luar negeri sekaligus transportasi bahan baku baja dari Timur Tengah ke Indonesia demi memenuhi permintaan pasar dalam negeri.

Untuk merealisasikan rencana jangka panjang sebagai pemain industri bidang energi SEAM Group melalui sub holdingnya yakni PT Semi Power System yang bergerak di bidang power plant baik fosil, biomasa maupun hydro power telah ditandatangani license manufacturing dengan ERK Eckrohrkessel Jerman sehari sebelumnya di kantor SEAM Group yakni pada tanggal 16 Februari 2020.

ERK Eckrohrkessel sendiri adalah salah satu perusahaan boiler terbaik dunia asal Jerman. Kontrak kesepakatan memungkinkan bagi kedua belah pihak untuk bersama-sama memproduksi boiler dan komponen power plant guna memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri .

Sedangkan untuk memperkuat realisasi proyek power plant diatas tongkang (on barge power plant), telah dilakukan rancang bangun dan pengadaanya dengan Destini Armada. Dalam sambutannya, Asep Sulaeman Sabanda CEO SEAM Group mengatakan, "Kontrak-kontrak kerjasama ini ditujukan untuk kemandirian energi tanah air dan dan dalam rangka memperkuat bisnis energi terpadu yang sedang dikerjakan oleh SEAM Group," kata Asep di Jakarta, Senin (17/02/2020).

Penanda tanganan kontrak pada hari Senin, tanggal 17 Februari 2020 kemarin dihadiri oleh para undangan diantaranya, Ir. Zakiyuddin MA Direktur Industri Permesinan dan Alat Pertanian yang mewakili Menteri Perindustrian, Suhendra Wiriadinata dari Sinar Mas Group, Rajesh Saraj dan Dato Abd Aziz bin Sheikh Fadzir dari Destini Benhad, Elvy Yosna Lubis dari bank BRI, Dwi Agus Sumarsono dari PT Asuransi Kredit Indonesia, Ahmad Sonhaji dari PT Penjaminan JAMKRINDO Syariah dan lain-lain.

Untuk menjamin realisasi penjualan batubara produksi perusahaan secara jangka panjang, tambah Asep, SEAM Grup menandatangani perjanjian penjualan tahap I dengan Arden Internasional sebanyak 10 juta ton untuk masa suplay selama 5 tahun. "Setelah sehari sebelumnya telah ditandatangani Binded Contract dengan ORBISCOAL Jerman untuk penjualan 660.000 ton batubara dari tambang milik perseroan di Kalimantan Timur".
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0001 seconds (0.1#10.140)