Harga Masker Mahal, Menko Airlangga: Kurangi Ekspor

Senin, 02 Maret 2020 - 20:40 WIB
Harga Masker Mahal, Menko Airlangga: Kurangi Ekspor
Harga Masker Mahal, Menko Airlangga: Kurangi Ekspor
A A A
JAKARTA - Harga masker di Indonesia langsung mengalami lonjakan tajam usai Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif terjangkit virus corona di dalam negeri.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan mengambil tindakan terhadap tingginya harga masker. Misalnya dengan membatasi ekspor masker.

"Pemerintah nanti dengan perdagangan (akan) mengurangi ekspor masker," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, situasi yang terjadi saat ini dikarenakan adanya heboh tentang WNI yang kena virus corona. Oleh karena itu, stok masker yang ada di pasaran langsung habis dan harga pun naik. "Jadi memang itu kan banyak sekarang virus corona. Jadi ya situasi inilah yang membuat ini (tingginya harga masker)," ucapnya.

Namun, Agus menyebut kejadian seperti ini hanya berlangsung sementara lantaran dipicu kepanikan. Pihaknya juga akan melakukan langkah pengecekan secara berkala terhadap jumlah dan harga masker. Agus meyakini hingga saat ini stok yang ada di pasaran masih aman.

"Iya kita kan stok dicek semuanya. Otomatis ini kan peningkatan pembelian terhadap masker-masker itu memang kita sudah antisipasi. Jadi mungkin ini hanya sementara ya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini semua (terkendali). Kalau stok aman," jelasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0985 seconds (0.1#10.140)