alexametrics

Sejumlah Kawasan Industri Besar di Indonesia

loading...
A+ A-
DI INDONESIA, tercatat ada sejumlah kawasan yang jadi pusat industri. Di setiap kawasan industri tersebut terdapat beragam perusahaan. Berikut daftarnya.

1. Karawang, Jawa Barat (13,7 juta ha)

Sejumlah Kawasan Industri Besar di Indonesia




Berdasarkan data dari Disnakertrans Karawang, hingga 2018, jumlah pabrik yang beroperasi di kabupaten ini sebanyak 1.762 pabrik. Rinciannya, pabrik swasta sebanyak 787, PMDN sebanyak 269, PMA sebanyak 638, dan joint venture tercatat sebanyak 58 pabrik.Sebagian besar perusahaannya adalah perusahaan sektor automotif dari Jepang. Hingga 2018 terdapat 13.756.358 ha luas lahan yang diplot sebagai lahan industri.
2. Bekasi, Jawa Barat (2.840 Ha)

Sejumlah Kawasan Industri Besar di Indonesia


Kawasan industri Bekasi atau yang akrab disebut kawasan Jababeka Cikarang setidaknya dihuni lebih dari 75 perusahaan yang bergerak di bidang sama, yakni bidang produksi. Pastinya, dari perusahaan-perusahaan inilah ratusan ribu pekerja mencari nafkah serta masih banyak lagi lowongan pekerjaan yang tersedia.

3. Pulogadung, Jakarta (438,75 Ha)

Sejumlah Kawasan Industri Besar di Indonesia


Pulogadung adalah salah satu daerah industri yang menawarkan gaji tertinggi. Kawasan industri Pulogadung merupakan rumah bagi lebih dari 40 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor seperti automotif, makanan, minuman dan obat-obatan.
4. Surabaya, Jawa Timur (245 ha)

Sejumlah Kawasan Industri Besar di Indonesia


Surabaya adalah kota terbesar kedua setelah Ibukota Jakarta. Perusahaan di kawasan industri Surabaya bergerak di berbagai bidang dari mulai makanan, elektronik sampai garmen. Kawasan industri di Kota Pahlawan ini berada di kawasan Rungkut dengan luas sekitar 245 hektare

5. Pasuruan, Jawa Timur (556 ha)

Sejumlah Kawasan Industri Besar di Indonesia


Kawasan industri Pasuruan diperkirakan memiliki luas sekitar 518 hektare. Kawasan ini merupakan rumah bagi lebih dari 119 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja mencapai lebih dari 23.000 pekerja. Sebagian besar perusahaan di kawasan ini bergerak di bidang industri makanan dan minuman dan sebagian kecil di sektor lain seperti automotif.

6. Krakatau Industrial Estate Cilegon, Banten (625 Ha)
Sejumlah Kawasan Industri Besar di Indonesia
PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) terletak di Kawasan Industri, di kelilingi daerah perbukitan dan laut. Kontur tanah yang datar mencakup 550 hektare dan sudah terpakai 245 hektare oleh 70 perusahaan baik nasional maupun multinasional. Kawasan indsutri ini memiliki 2 kawasan industri yaitu kawasan industri I dengan luas 550 ha dan kawasan industri II dengan luas 75 ha.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top