BTN Optimistis Bisnis Perseroan On Track dengan Laba Rp3 Triliun

Kamis, 12 Maret 2020 - 20:36 WIB
BTN Optimistis Bisnis Perseroan On Track dengan Laba Rp3 Triliun
BTN Optimistis Bisnis Perseroan On Track dengan Laba Rp3 Triliun
A A A
JAKARTA - Menjelang akhir triwulan I 2020, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2019. Dalam paparan kepada pemegang saham, BTN optimistis bisnis Perseroan pada tahun 2020 on track dengan capaian laba hingga Rp3 triliun.

Adapun RUPST membahas tujuh poin dan semuanya mendapat persetujuan dari para pemegang saham. “Landasan kerja kami pada tahun 2020 adalah menetapkan arah kebijakan perseroan yaitu fokus pada perbaikan kualitas bisnis,” kata Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury menjelaskan mengenai hasil RUPST dalam konferensi pers usai RUPST Bank BTN di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Untuk memperbaiki kualitas bisnis, perseroan memasang pondasi kuat khususnya dalam penerapan Pedoman Standard Akuntasi 71 (PSAK 71) dengan meningkatkan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN), sehingga Perseroan memiliki pencadangan yang lebih kuat dalam mengantisipasi potensi kerugian atas aset keuangan yang dimiliki.

Alhasil, Per Februari 2020, coverage ratio Bank BTN mencapai lebih dari 100% lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 43,42%. “Adanya PSAK 71 juga akan mendorong perseroan untuk lebih prudent dalam pemberian kredit, sehingga kualitas kredit akan menjadi lebih baik,” kata Pahala menegaskan.

Peningkatan CKPN menggerus laba tahun 2019, sehingga dalam RUPST ditetapkan laba bersih sebesar Rp209 miliar yang dialokasikan untuk dividen sebesar 10% dari laba bersih total atau senilai Rp20,92 miliar. Dengan demikian dividen per lembar saham sebesar Rp1,98 sementara laba per saham sebesar Rp19,76.

Sementara dari jumlah laba yang dialokasikan untuk dividen, yang akan disetor ke pemegang saham mayoritas atau Pemerintah adalah sebesar Rp12,55 miliar. Sementara 90 persen dari sisa laba bersih akan digunakan sebagai saldo laba ditahan.

Menapaki tahun 2020, Perseroan menetapkan beberapa target kinerja, yaitu aset ditargetkan meningkat 6-8%, sementara kredit dan pembiayaan tetap tumbuh sebesar 8 hingga 10% dengan penopang utama adalah kredit pemilikan rumah atau KPR.

“Permintaan rumah masih cukup tinggi, dan hal ini didukung pemerintah yang akan menambah subsidi ke sektor perumahan dalam bentuk Subsidi Selisih Bunga atau SSB, Bank BTN juga akan mengoptimalkan KPR Non subsidi khususnya segmen milenial dan urban dan mengembangkan personal loan dengan penjualan produk secara bundling antara kredit dan tabungan seperti contohnya BTN Solusi yang baru kami rilis,” kata Pahala.

Lebih lanjut Ia menyambut baik inisiatif pemerintah dalam memberikan stimulus khususnya pada sektor perumahan di tengah perlambatan ekonomi nasional yang terdampak virus Covid-19 di Indonesia. Menurut Pahala, stimulus yang diberikan merupakan dukungan positif Pemerintah terhadap sektor perumahan yang berdampak pada 172 industri terkait.

“Semoga ini menjadi angin segar bagi industri pembiayaan perumahan sekaligus mendorong semangat para pelaku industri properti untuk membangun rumah dalam rangka mendukung Program Sejuta Rumah,” tegasnya.

Pemasaran produk bundling membuat Bank dengan kode saham BBTN menargetkan Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 13-15% didorong kenaikan porsi dana murah dari giro dan tabungan. Sedangkan rasio kredit bermasalah, atau Non Performing Loan ditargetkan membaik di kisaran 3,5% dengan memperbaiki proses inisiasi kredit dan collection management system dan optimalisasi situs lelang rumah yaitu www.rumahmurahbtn.co.id.

“Meskipun laba tahun lalu turun tajam, tahun ini kami optimistis laba Bank Tabungan bisa menembus Rp2,5 triliun-Rp 3 triliun dengan menurunkan cost of fund atau biaya dana menjadi 5,27% dan mendorong fee based income tumbuh di atas 17% dibandingkan tahun lalu, kita juga akan mengupayakan penurunan biaya umum dan sebagainya,” kata Pahala.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3930 seconds (0.1#10.140)