alexametrics

Erick Thohir Respons Komentar Rizal Ramli Soal Dana Buyback Mending untuk Rakyat

loading...
A+ A-
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menanggapi pernyataan pengamat ekonomi yang juga mantan Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli soal buyback saham BUMN. Dimana Ia tidak merekomendasikan aksi pembelian kembali atau buyback saham perusahaan pelat merah, yang menurutnya lebih baik fokus terhadap daya beli.

Menanggapi pernyataan tersebut, Erick Thohir mengatakan masukan dari Rizal Ramli sangat positif. "Oh ya sama juga. Masukan dari Pak Rizal Ramli bagus, kita perhatikan pasti. Semua yang berikan masukan positif kita (perhatikan)," katanya di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Sebelumnya, Kementerian BUMN menginstruksikan buyback saham ke-12 BUMN untuk menyelamatkan saham mereka yang makin jauh dari nilai fundamentalnya. Penyebabnya karena Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus anjlok. Diperintahkan 12 BUMN membeli kembali (buyback) saham mereka senilai Rp7 triliun hingga Rp 8 triliun.



Sementara itu sebelumnya, Rizal Ramli menerangkan pergerakan harga saham akan menyesuaikan sendiri pada titik keseimbangan barunya atau mengalami penguatan kembali secara alamiah. "Jangan lakukan apa-apa untuk intervensi bursa, buyback dsb. Kecuali Republik Indonesia negara super kaya," kata Rizal Ramli dalam akun Facebook-nya.

Rizal Ramli menyarankan pemerintah lebih baik fokus pada peningkatan daya beli masyarakat di tengah tekanan ekonomi global akibat wabah virus corona. "Lebih baik fokus pada peningkatan daya beli masyarakat dan berikan insentif untuk meningkatkan pasokan kebutuhan rakyat sebagai ganti impor," sebutnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top