alexametrics

Tiga Ruas Jalan Ibu Kota Baru Siap Dibangun Tahun Ini

loading...
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerangkan, pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur akan dimulai pada tahun ini. Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengatakan, akan membangun tiga ruas akses jalan baru menuju proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur akhir tahun ini.

"Sesuai jadwal Kementerian PUPR, groundbreaking dimulai tepatnya pada akhir semester II atau tepatnya Oktober 2020 mendatang, dengan tiga tuas jalan dulu baru nanti bertahap," ujar Danis di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

(Baca Juga: Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Oktober 2020, Tahap Awal Telan Biaya Rp300 Miliar)



Menurutnya desain Ibu Kota baru akan selesai pada periode Mei-Juni 2020. Di mana Juli sampai September mulai dilakukan proses pengadaan. Adapun infrastruktur yang dibangun pada tahap awal setelah groundbreaking tersebut adalah pembangunan jalan akses ke lokasi Ibu Kota baru, membangun bendungan dan drainase.

"Jadi untuk tahap awal pembangunan yakni akses jalan ke Ibu Kota negara, lalu bendungan dan drainase," paparnya.

Dia menambahkan, dalam Ibu Kota baru ini akan terdapat tiga zona yaitu Kawasan Inti Pusat dengan luas 5.644 hektare, Kawasan Ibu Kota Negara sebesar 56.180 ha.. Adapun nantinya ada Perluasan IKN yang mencapai sekitar 256 ribu hektare.

"Kami juga memerlukan rencana pengembangan jaringan jalan yang efisien dan efektif untuk menghubungkan Ibu Kota baru dengan masing-masing Ibu Kota provinsi, termasuk kawasan perbatasan," tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top