Cegah Kelangkaan, Bulog Batasi Pembelian Gula Hanya 2 Kg

Rabu, 18 Maret 2020 - 12:50 WIB
Cegah Kelangkaan, Bulog Batasi Pembelian Gula Hanya 2 Kg
Cegah Kelangkaan, Bulog Batasi Pembelian Gula Hanya 2 Kg
A A A
JAKARTA - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) membatasi pembelian gula pasir oleh konsumen di pasaran. Kebijakan dilakukan untuk mencegah kelangkaan karena sulitnya pasokan gula yang didistribusikan.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Tri Wahyudi Saleh, menerangkan konsumen dibatasi untuk membeli gula pasir yaitu hanya 2 kilogram.

Tetapi untuk komoditas lainnya, Bulog tidak melakukan pembatasan seperti pembelian beras medium, beras premium, minyak goreng, dan tepung terigu

"Tidak ada (pembatasan), sebebas mungkin kecuali gula. Saat ini pasokan (gula) masih dalam perjalanan. Hari ini, per konsumen (dibatasi) 2 kg setiap pembelian," kata Tri di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Dia menerangkan bahwa pemerintah menyediakan 10 ton gula pasir konsumsi yang dijual seharga Rp12.500 per kilogram. Hal itu karena harga gula pasir konsumsi masih terpantau tinggi.

Adapun berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula pasir nasional hingga Rabu (18/3) ini sudah mencapai Rp16.750 per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga acuan tingkat konsumen sebesar Rp12.500 per kg.

"Pasti diisi dong, ritel juga harus diisi karena pasokan berkurang. Yang jelas kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5532 seconds (0.1#10.140)