alexametrics

Pandemi Covid-19, BUMN Komitmen Utamakan Pelayanan Publik

loading...
A+ A-
JAKARTA - Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menyampaikan komitmen BUMN untuk mendukung penanganan Covid-19. Secara internal, ia mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan langkah-langkah yang berhubungan dengan layanan publik.

"Seperti PLN, Telkom dan BUMN lainnya mengedepankan pelayanan, kami berkomitmen untuk tetap menghadirkan pelayanan. Transportasi publik seperti Garuda dan lainnya juga kami telah melakukan langkah preventif di mana ada social distancing, sehingga kami berkomitmen untuk melaksanakan pelayanan publik yang sesuai dengan SOP," ujar Arya dalam konferensi pers online di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Meski ada penyebaran Covid-19, ia mengatakan bahwa BUMN akan tetap melayani publik. Sesuai permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kementerian BUMN juga turut menyiapkan rumah sakit yang menampung banyak pasien Covid-19.



"Kami mengubah Wisma Atlet selama 4 hari jadi rumah sakit darurat. Dari pekerjaan fisik yang tadinya wisma kami ubah jadi rumah sakit. Ada ICU, ruang gawat darurat dan lainnya, beberapa lantai punya tekanan negatif sehingga enggak akan bisa masuk virus. Demikian juga alkes, kami siapkan semua, lab, test lab, darah, paru paru, kami siapkan dengan baik, ini layak sebagai rumah sakit," jelas Arya.

Ia mengatakan, rumah sakit darurat ini bisa menampung 1.500 pasien untuk dilayani pada tahap pertama. Kementerian BUMN akan melakukan penambahan kapasitas di tower selanjutnya sehingga menjadi 3.000 kamar. "Sehingga bisa menanggulangi pasien yang enggak bisa masuk rumah sakit," tuturnya.

Saat rumah sakit ini dibuka, dalam 1 jam langsung masuk 30 pasien. Antrean pun panjang karena kebanyakan pasien tidak mendapat pelayanan dari RS rujukan lainnya.

"Jadi mohon dimaklumi kalau antrean panjang. Jadi enggak mungkin 100 langsung kita layani secara serentak. Namun, kita akan terus tingkatkan service level kita supaya lebih baik," tegasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top