alexametrics

Mall dan Bioskop Ramai-ramai Tutup Operasional Demi Cegah Corona

loading...
A+ A-
JAKARTA - Pusat perbelanjaan dan bioskop ramai-ramai resmi menutup gerainya dalam upaya mencegah penyebaran corona (Covid-19). Hal ini menyusul seruan Gubernur Nomor 6 Tahun 2020 mengenai pelaksanaan kegiatan perkantoran di wilayah Jakarta untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Beberapa mall di Jakarta memutuskan menutup sementara hingga mengubah waktu beroperasinya guna mencegah penyebaran COVID-19.

Mall yang dikelola oleh PT Kalla Inti Karsa, yakni Mall Ratu Indah memutuskan untuk menutup sementara pusat perbelanjaan mulai dari 25 Maret sampai 5 April 2020 mendatang, seperti disampaikan dalam keterangan resminya. Namun untuk tenat F&B atau dari sektor mamin tetap akan beroperasi dengan waktu terbatas hanya untuk melayani pemesanan take away atau delivery.

Hal serupa juga tercantum dalam sebuah surat edaran yang ditujukan kepada pemilik toko di Mall Plaza Indonesia. Adapun surat edaran dengan nomor 030/PIR/TCR/III/20 yang dibuat pada Senin (23/3/2020) dan ditutup pada 25 Maret hingga 3 April mendatang itu ditandatangani oleh General Manager Tenant Comm. Relations, Customer Service & SQA Plaza Indonesia, Stella Kohdong.



Dalam surat itu dijelaskan bahwa keputusan menutup sementara itu sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang tengah menangani wabah Covid-19. "Kami sepenuhnya mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) dan anjuran bagi karyawan untuk tinggal di rumah (yang mencakup staf penyewa toko)," demikian tertulis dalam surat edaran tersebut.

Sementara itu, sejumlah tenant di Central Park yang berlokasi di Jakarta Barat juga menutup gerainya. Pemberitahuan mencantumkan penutupan sementara dilontarkan oleh CGV, Rise, Inul Vizta, Fun World, dan Zen-O.

"Pelanggan yang budiman. Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah melawan penyebaran virus corona Covid-19, sejumlah tenant kami akan tutup sementara mulai 23 Maret sampai 5 April 2020," tulis perwakilan mal lewat akun Instagram@centralparkmall.

Demi keamanan pengunjung dan penjual, Central Park juga telah mempersingkat jam operasional mal dibandingkan hari-hari sebelumnya. Mulai 23 Maret 2020, setiap hari mal buka pukul 11 siang sampai pukul delapan malam.

Sedangkan Grand Indonesia masih akan memberlakukan jam operasional terbatas. Adapun jam operasional ini berlaku mukau hari ini hingga beberapa ke depan.

"Kami tetap buka, hanya jam operasionalnya mengalami perubahan dari jam 11 hingga jam 8 malam saja," kata Public Relation Departement, Marketing Communication Division PT Grand Indonesia Annisa Hazarinisaat dihubungi SINDOnews.

Selain mall, bioskop juga memutuskan menutup gerainya. Salah satunya, PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ), pemilik dan operator CGV Cinemas di Indonesia mengumumkan penghentian sementara kegiatan operasional bioskop CGV di wilayah DKI Jakarta mulai hari Senin, 23 Maret 2020 hingga dua pekan ke depan.

Langkah ini untuk mematuhi instruksi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta No 60/SE/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Operasional Industri Pariwisata Dalam Upaya Kewaspadaan Terhadap Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19).

Penutupan sementara ini juga untuk memastikan keamanan dan kesehatan warga Jakarta termasuk para staff CGV. PT Graha Layar Prima Tbk (perseroan) akan terus memonitor situasi terkini tentang perkembangan Covid-19 di Indonesia, sambil menunggu instruksi pemerintah untuk beroperasi kembali hingga situasi aman dan kondusif.

"Penutupan sementara ini sejalan dengan upaya pemerintah DKI Jakarta dalam mencegah dan mengendalikan resiko penularan virus COVID-19 dan melindungi kesehatan masyarakatnya. Memastikan keamanan kesehatan dan kenyamanan para penonton adalah prioritas kami," ujar Direktur CGV, Dian Sunardi Munaf kepada SINDOnews di Jakarta.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top