Sempat Dirawat, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Positif Covid-19

Selasa, 24 Maret 2020 - 21:31 WIB
Sempat Dirawat, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Positif Covid-19
Sempat Dirawat, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Positif Covid-19
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Direktur Jendral Perkeretaapian Zulfikri positif terinfeksi Covid-19. Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, Zulfikri bersama dengan istri telah melakukan tes swab pada 18 Maret 2020 dan hasilnya diketahui hari ini positif Covid-19. Adapun sang istri dinyatakan negatif.

"Pada hari ini, Selasa, 24 Maret 2020 atas seijin dari yang bersangkutan, kami informasikan bahwa Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Bapak Zulfikri telah dinyatakan positif Covid-19," ujar Adita di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Adita melanjutkan, sejak dilakukannya tes dan berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), Zulfikri melakukan isolasi mandiri di rumah, menggunakan masker dan mencegah kontak dengan yang lainnya. "Saat ini beliau dalam keadaan sehat dan tengah melakukan karantina," jelasnya.

Sementara itu melalui pesan yang dibagikan melalui aplikasi whatsapp, Zulfikri menyatakan saat ini dirinya diminta isolasi kamar dan menunggu arahan dari satgas Covid-19 yang kemungkinan akan melakukan swab test kembali untuk melihat perkembangan dari hasil swab test terdahulu.

Zulfikri juga mengungkapkan kronologis dirinya dirawat hingga dinyatakan berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP). Dia menjelaskan, pada 9-13 Maret 2020 dirinya menjalani rawat inap karena terindikasi pneumonia dengan gejala batuk-batuk kecil di Eka Hospital - BSD Tangerang. Selanjutnya, dia diperbolehkan kembali ke rumah dengan diberikan antibiotik. "Terhitung tanggal 21 Maret sudah dinyatakan membaik dan tidak diberikan antibiotik," ucapnya.

Dia menyampaikan, hingga saat ini dirinya dalam keadaan sehat, tanpa demam, tanpa batuk dan tanpa sesak napas. Zulfikri juga menegaskan sejak berstatus ODP, dirinya melakukan isolasi di rumah, menggunakan masker dan mencegah kontak dengan yang lainnya.

"Namun demikian saya tetap sangat bermohon bagi yang mungkin pernah kontak dengan saya dalam kurun waktu tersebut di atas untuk segera memeriksakan ke dokter khususnya yang memiliki symptom dan riwayat kesehatan yang kurang baik dalam upaya memutus rantai penularan," tuturnya.

Sebelumnya, pimpinan Kemenhub yakni Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan saat ini masih dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3530 seconds (0.1#10.140)