Hadapi Covid-19, Penerbitan Recovery Bond Disiapkan

Kamis, 26 Maret 2020 - 11:41 WIB
Hadapi Covid-19, Penerbitan Recovery Bond Disiapkan
Hadapi Covid-19, Penerbitan Recovery Bond Disiapkan
A A A
JAKARTA - Sekretaris Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan bahwa pihak Kemenko sedang menjajaki akan mengeluarkan satu bentuk surat utang baru atau bond yang disebut recovery bond. Itu adalah surat utang pemerintah dalam bentuk rupiah yang nanti dibeli oleh Bank Indonesia atau swasta yang mampu misalkan eksportir dan sebagainya.

Ia menyampaikan bahwa dana dari penjualan surat utang ini nanti akan dipegang pemerintah kemudian disalurkan kepada seluruh dunia usaha melalui kredit khusus.

"Nah, kredit khusus ini nanti akan kita bikin seringan mungkin sehingga pengusaha bisa mendapatkan kredit khusus itu untuk membangkitkan kembali usahanya dengan syarat perusahaan itu," ujar Susi dalam konferensi pers virtual Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Ia menambahkan, "satu, tidak boleh ada PHK, atau kalaupun PHK harus mempertahankan 90% karyawannya dengan gaji yang tidak boleh berkurang dari sebelumnya, baru kita kasih kredit khusus dari recovery bond tadi."

Untuk recovery bond nanti ini, lanjut Susi, akan ada perubahan peraturan terutama saat ini ada keterbatasan Bank Indonesia yang hanya boleh membeli surat utang dari secondary market.

"Makanya pemerintah memerlukan Perppu, kami menargetkan hari Jumat besok teman-teman di Kementerian Keuangan sudah menyelesaikan Perppu untuk dasar di dalam penerbitan recovery bond ini," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.0352 seconds (0.1#10.140)