Kemenhub Usulkan Pembagian Sembako Gratis bagi yang Tak Mudik

Jum'at, 27 Maret 2020 - 12:43 WIB
Kemenhub Usulkan Pembagian Sembako Gratis bagi yang Tak Mudik
Kemenhub Usulkan Pembagian Sembako Gratis bagi yang Tak Mudik
A A A
JAKARTA - Demi mencegah meluasnya penyebaran virus corona, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengusulkan adanya opsi pelarangan mudik untuk masa angkutan Lebaran 2020. Sebagai gantinya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, bagi warga yang tetap tinggal akan diberikan hadiah dan untuk yang melanggar akan diberikan hukuman.

"Misalnya ada reward bagi pekerja informal yang tidak mudik dengan memberikan paket sembako, dan diberi kegiatan agar tidak mudik. Begitu juga dengan yang membandel untuk mudik, harus diberikan punishment. Karena ini menyangkut kenyamanan bersama, jangan sampai menambah zona merah penyebaran Covid-19," ujar Budi Setiyadi dalam video telekonferensi, Jumat (27/03/ 2020).

Untuk memuluskan rencana ini, Kemenhub akan melibatkan Kementerian Sosial dan Pemerintah DKI Jakarta, untuk warga yang tidak mudik akan diberikan berupa insentif atau bantuan.

Namun demikian, Budi menegaskan, rencana ini masih akan dibahas lebih lanjut bersama Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan dan pihak-pihak terkait lainnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5709 seconds (0.1#10.140)